Libur Lebaran? Pilih 4 tempat wisata di Semarang

Rabu, 29 Juni 2016 | 12:28 WIB Sumber: Kompas.com
Libur Lebaran? Pilih 4 tempat wisata di Semarang


JAKARTA. Jelang libur Lebaran, mudik ke kampung halaman adalah satu pilihan yang biasa dilakukan demi bertemu sanak saudara. Ada yang pergi ke luar Pulau Jawa atau masih di Pulau Jawa

Salah satu daerah yang biasa dilewati jalur mudik adalah Semarang. Anda bisa sejenak mampir untuk berwisata keliling Semarang untuk mengunjungi obyek wisata sejarah hingga kuliner.

KompasTravel menghimpun obyek-obyek wisata di daerah Semarang yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Berikut daftar obyek wisata yang bisa Anda jadikan referensi.

Soto khas asli Semarang, Warung Soto Bangkong

Cicipi salah satu kuliner yang melegenda di Semarang ini. Namanya adalah Soto Bangkong yang telah berdiri sejak tahun 1950, berawal dari perjuangan selama sepuluh tahun lebih Pak Sholeh berjualan soto pikul.

Soto Bangkong berada di perempatan Jalan A. Yani, Jalan MT Haryono, dan Jalan Brigjen Katamso yang biasa disebut Bangkong. Anda bersama keluarga bisa mencicipi hidangan unggulan yang ditawarkan di Soto Bangkong adalah Soto Ayam. Kedai Soto Bangkong buka mulai jam 06.00 hingga 22:00 WIB.

Stasiun Tawang

Stasiun bukan hanya sekedar tempat keberangkatan dan kedatangan kereta api. Stasiun kereta api juga bisa jadi tempat Anda belajar sejarah.

Salah satunya adalah Stasiun Tawang di Semarang yang penuh dengan cerita sejarah masa lalu. Stasiun Tawang dibangun oleh Nederlandsche Indische Spoorweg Maatschsrij (NIS), tepat berada di Jalan Taman Tawang.

Stasiun ini pertama kali diresmikan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Baron Sloet Van de Beele untuk menggantikan stasiun sebelumnya. Pembangunannya sendiri memakan waktu hampir 6 tahun, yaitu antara 16 Juni 1864 – 10 Februari 1870.

Nah, sambil mudik ke Semarang, bersama keluarga Anda bisa mampir untuk melihat-melihat arsitektur stasiun. Anda bisa mengabadikan salah satu bangunan bersejarah di kota.

Simpang Lima

Kawasan Simpang Lima Semarang, bisa cocok untuk wisata keluarga. Di sana, wisatawan bisa menikmati aneka kuliner yang tersedia.

Anda juga bisa menaiki sepeda berlampu seperti di Alun-Alun Kidul Keraton Yogyakarta. Sambil bermain sepeda, Anda bersama si kecil juga bisa berfoto-foto di tempat yang menjadi sentral kota Semarang ini.

Lawang Sewu

Lawang Sewu yang berada di Semarang, Jawa Tengah, yang merupakan gedung peningggalan dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Dibangun pada tahun 1904 selesai pada tahun 1907 dan berfungsi sebagai kantor. Terletak di bundaran Tugu Muda yang dahulu disebut Wilhelmina Plein.

Anda bisa membawa keluarga bisa berkunjung untuk melihat-lihat bangunan yang bersejarah. Selain itu, Anda bisa juga bisa melihat aneka koleksi-koleksi barang-barang kereta api. (Penulis: Wahyu Adityo Prodjo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dikky Setiawan

Terbaru