Liverpool Bantai Rangers 7-1, Mo Salah Cetak Rekor Hat-Trick Tercepat

Kamis, 13 Oktober 2022 | 07:44 WIB   Reporter: Ridwan Nanda Mulyana
 Liverpool Bantai Rangers 7-1, Mo Salah Cetak Rekor Hat-Trick Tercepat

ILUSTRASI. Mo Salah cetak rekor saat Liverpool bertandang ke kandang Rangers FC


LIGA CHAMPIONS - JAKARTA. Liverpool menempatkan satu kakinya di babak 16 besar Liga Champions musim 2022/2023 setelah berpesta gol ke gawang Rangers FC pada Kamis (13/10) dini hari WIB. Dalam laga keempat di Grup A, Liverpool menggilas Rangers dengan skor 7-1.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Ibrox, Skotlandia, tuan rumah tampil agresif di awal laga untuk menggempur lini belakang Liverpool. Rangers bahkan mampu unggul lebih dulu pada menit ke-17.

Longgarnya pertahanan Liverpool membuat Scott Arfield bisa leluasa mengontrol bola dan melepaskan tendangan. Meluncur ke pojok kanan bawah, bola sepakan Arfield tak mampu dijangkau oleh Alisson Becker. Rangers memimpin 1-0.

Belum panas, The Reds terus dalam tekanan. Rangers bahkan hampir menggandakan kedudukan andai backpass blunder bek Liverpool, Joe Gomez, mampu disambar Mirko Colak.

Memasuki menit ke-20, Liverpool mulai bermain agresif. Fabio Carvalho dapat peluang pertama pada menit ke-22 lewat sepakan yang masih melebar. Usaha The Reds membuahkan hasil dua menit berselang.

Baca Juga: Top Skor Liga Champions: Erling Haaland Jadi Pencetak Gol Terbanyak Pekan 4

Lewat sepak pojok Kostas Tsimikas pada menit ke-24, Roberto Firmino menanduk bola yang tak mampu dihadang oleh kiper Rangers, Allan McGregor. Gol! skor imbang 1-1.

Ingin menang di depan publiknya sendiri, Rangers kembali menyusun serangan. Pasukan Giovanni van Bronckhorst bahkan kembali mampu menguasai pertandingan.

Peluang emas datang pada menit ke-42. Tusukan Junior Sakala di sisi kiri pertahanan Liverpool memberikan umpan ke tengah. Arfield menyambut di depan gawang.

Sayang, sepakannya masih mampu diblok oleh bek Liverpool, Ibrahima Konate. SkorĀ  1-1 pun masih bertahan hingga turun minum.

Masuk ke babak kedua, Liverpool mulai percaya diri untuk tampil menyerang. Skuad asuhan Jurgen Klopp langsung tancap gas menusuk jantung pertahanan Rangers.

Gelombang serangan The RedsĀ  membuahkan hasil 10 menit berselang. Firmino kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah berhasil menyontek umpan silang dari Gomez. Liverpool berbalik unggul 1-2.

Pada menit ke-66, giliran stiker mahal Liverpool, Darwin Nunez, yang mencetak gol. Menerima umpan pendek dari tumit Firmino, Nunez menendang bola ke tiang jauh yang tak mampu dijangkau McGregor. Liverpool menjauh 1-3.

Dua menit kemudian, Jurgen Klopp melakukan penyegaran. Thiago Alcantara, Andy Robertson, dan Mohamed Salah masuk menggantikan Jordan Henderson, Tsimikas, dan Nunez. Strategi ini terbukti jitu.

Baca Juga: Bukan Ronaldo Atau Messi, Ini Pemain Sepak Bola Dengan Gaji Tertinggi 2022

Mendapatkan sorotan karena tampil melempem di awal musim ini, Mo Salah berhasil membuktikan diri sebagai mesin gol Liverpool.

Penyerang asal Mesir ini mencetak tiga gol alias hat-trick. Dengan tendangan dari kaki kirinya, Salah membobol gawang Rangers pada menit ke-75, 80, dan 81. Salah pun memandu pesta gol Liverpool menjadi 1-6.

Dengan hat-trick tersebut, Salah pun mencetak rekor karena mampu membuat tiga gol hanya dalam tempo 6 menit 12 detik. Ini menjadi hat-trick tercepat yang tercatat di Liga Champions.

Aksi Salah kali ini berhasil memecahkan rekor Bafetimbi Gomis, yang membuat hat-trick dalam kurun 8 menit, saat Lyon berjumpa Dinamo Zagreb pada tahun 2011 silam.

Tak puas dengan hat-trick Salah, Liverpool kembali menambah gol yang dicetak pemain muda, Harvey Elliott pada menit ke-87. Berkat kemenangan ini, Liverpool menempel Napoli yang menempati puncak klasemen Grup A.

Napoli sukses meraih poin sempurna 12, setelah meraih empat kemenangan beruntun. Sedangkan Liverpool ada di posisi kedua dengan poin 9. Adapun, Rangers tenggelam di dasar klasemen tanpa bisa meraih poin, alias 0.

Di peringkat ketiga klasemen Grup A, ada Ajax yang mengoleksi 3 poin. Liverpool butuh sekali lagi kemenangan untuk memastikan langkah ke fase 16 besar.

Kemenangan besar atas Rangers ini juga punya arti yang penting bagi Liverpool, yang sedang terseok-seok di awal Liga Inggris musim ini. Bahkan hingga saat ini, Liverpool masih berada di posisi 10 dalam klasemen sementara Premier League.

Kemenangan ini menjadi modal untuk mengangkat moral skuad The Reds yang akan menghadapi tim kuat, Manchester City dalam lanjutan Premier League, Minggu (16/10) akhir pekan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru