INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Nusa Tenggara Barat (NTB) menargetkan bisa menggaet 4 juta wisatawan. Pemerintah daerah setempat pun telah meluncurkan 18 calender of event (CoE) wisata untuk mengundang pelancong datang.
Dengan mengusung tema “The Spirit of Lombok Sumbawa”, akan ada 18 event di tahun 2019, empat diantaranya masuk dalam Top 100 CoE nasional. Adapun empat event CoE 2019 nasional adalah Pesona Bau Nyale, Festival Pesona Tambora, Festival Pesona Moyo dan Pesona Khazanah Ramadan.
Sedangkan event CoE Lombok 2018 lainnya antara lain Lombok Sumbawa Great Sale, Rinjanin100, Tour De Lombok Mandalika, Festival Pesona Senggigi, Bulan Pesona Lombok Sumbawa dan beberapa event menarik lainnya
Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, dari target 4 juta wisatawan ke NTB pada 2019 tersebut, 2 juta diantaranya wisatawan mancanegara dan 2 juta lainnya wisatawan domestik.
Arief melanjutkan, pemulihan NTB pasca gempa bumi pada awal Agustus 2018 lalu masih terus berjalan. Program trauma healing untuk SDM pariwisata di NTB juga terus berlanjut dan diharapkan pada awal April 2019 sudah pulih sepenuhnya.
“Terkait destinasi, diharapkan pada bulan Maret 2019 bisa selesai dan April sudah full recovery. Yang paling utama adalah normalisasi penerbangan. Saat ini kami sedang membangun kepercayaan itu kembali," ujar Arief dalam keterangan tertulis, Minggu (30/12).
Gubernur NTB Zulkieflimansyah optimistis target 4 juta wisatawan bisa datang ke NTB tahun depan bisa tercapai. "Namun sehebat apa pun promosi yang kami lakukan, sehebat apapun event yang digelar, harus didukung aksesibilitas atau konektivitas,” ujarnya.
Maka itu, Pemprov NTB berharap Maskapai Garuda Indonesia menambah frekuensi penerbangan menuju Lombok. Saat ini terdapat enam penerbangan Garuda Indonesia ke Lombok, terdiri dua kali penerbangan langsung dari Bali dan empat penerbangan langsung dari Jakarta. “Tahun depan ditargetkan 10 penerbangan langsung dari Bali," imbuhnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News