Penasaran Tiga Inovasi Samsung Galaxy Z Fold3? Simak Ulasannya

Senin, 16 Agustus 2021 | 10:00 WIB   Reporter: Tim KONTAN
Penasaran Tiga Inovasi Samsung Galaxy Z Fold3? Simak Ulasannya


TEKNOLOGI – JAKARTA.  Kehadiran ponsel layar lipat Samsung Galaxy Z Fold3 5G menandakan lahirnya inovasi terbaru yang memberi gambaran bagaimana ponsel masa depan digunakan berkat layar hebat. Ia memadukan keunggulan dari fitur layar lipat, form factor terbarukan dan juga menghadirkan pengalaman multitasking menggunakan perangkat foldable di tingkat yang lebih tinggi bagi pengguna di setiap produktivitasnya.

Selvia Gofar, Head of Product Marketing IT & Mobile, Samsung Electronics Indonesia mengatakan Samsung merancang Galaxy Z Fold3 sebagai powerhouse bagi konsumen yang mengharapkan cara-cara baru dalam menjalani produktivitas dan menikmati hiburan. Hal tersebut diwujudkan melalui fitur-fitur pertama di perangkat foldable yang dihadirkan Galaxy Z Fold3, mulai dari under display camera, sertifikasi IPX8 untuk ketahanan air, hingga S Pen.

“Galaxy Z Fold3 benar-benar menjadi jawaban akan perangkat foldable yang lebih immersive, lebih tangguh, dan lebih serba guna yang selama ini telah dinanti-nanti oleh konsumen,” ujar Selvia Gofar.

Lalu apa saja inovasi yang ditawarkan? Pertama, dari layar yang lebih immersive untuk pengalaman menonton tanpa interupsi. Galaxy Z Fold3 hadir dengan layar utama Infinity Flex Display berukuran 7,6 inci.

Kata “infinity” yang digunakan di sini pun bukan isapan jempol semata. Pasalnya, Samsung benar-benar menghadirkan layar penuh tanpa interupsi notch maupun punch hole. Hal tersebut menjadi mungkin berkat teknologi under display camera dari Samsung yang pertama kali hadir di perangkat foldable.

Layar immersive dengan under display camera di Galaxy Z Fold3 pun semakin komplet dengan pemanfaatan teknologi layar Eco² terbaru yang membuat tingkat kecerahan layar meningkat 29% dibanding Galaxy Z Fold2, namun dengan konsumsi energi yang lebih rendah. Pengguna pun bisa menikmati layar yang lebih responsif dan scrolling yang lebih mulus dengan Super Smooth 120Hz. 120Hz adaptive refresh rate pun bisa dinikmati di Cover Screen yang telah dikembangkan.

Inovasi kedua yakni untuk pertama kalinya, sertifikasi IPX8 hadir di smartphone foldable, dan hal tersebut bisa ditemukan di Galaxy Z Fold3. Dengan level ketahanan air yang sama baiknya dengan Galaxy S, Galaxy Z Fold3 akan memberikan rasa aman bagi pengguna akan kondisi smartphone saat tiba-tiba terkena hujan atau ketika harus basah kuyup saat memandikan hewan peliharaan kesayangan. Sertifikasi IPX8 sendiri diberikan melalui uji coba perendaman di air tawar dengan kedalaman sampai 1,5 meter selama hingga 30 menit.

Samsung pun benar-benar teliti untuk menghadirkan manfaat ini secara maksimal bagi pelanggan. Samsung menyadari bahwa perangkat foldable memiliki kompleksitas tersendiri, mulai dari banyaknya bagian yang bergerak hingga celah yang tak terhindari dalam mendukung perangkat agar dapat dilipat. Maka dari itu, Samsung menjaga celah antara bodi dan engsel agar dapat sekecil mungkin.

Inovasi ketiga yakni Samsung menghadirkan S Pen pada Galaxy Fold3. S Pen untuk Galaxy Z Fold3 hadir dalam dua varian, yaitu S Pen Fold Edition dan S Pen Pro, untuk memberikan pilihan lebih bagi pengguna dalam memenuhi kebutuhannya. Samsung memastikan bahwa ini adalah pengalaman S Pen terdepan sampai saat ini, membuat pengalaman menulis, menggambar, mengedit dokumen, maupun berkirim pesan menjadi lebih seamless dan intuitif. Hal tersebut menjadi mungkin karena, kedua versi dari S Pen tersebut telah dibekali dengan Pro tip yang lebih lembut dan force limit technology untuk melindungi layar dari tekanan berlebih serta latensi yang begitu rendah.

Ada begitu banyak hal yang bisa digunakan pengguna dengan S Pen di Galaxy Z Fold3 di tengah produktivitasnya maupun ketika menuangkan kreativitas, lebih-lebih dalam mendukung kesukaannya menjalani multitasking. Menulis catatan sambil melakukan panggilan video hingga memeriksa to-do list saat membaca email menjadi semakin mudah. Ditambah dengan kehadiran fitur S Pen to text, pengguna bisa menyempurnakan tulisannya hanya dengan melakukan gerakan-gerakan sederhana saat harus melakukan catatan dalam waktu yang sangat cepat.

Anda dapat membeli Galaxy Z Fold3 beserta pengalaman foldable terbarukan dan segala inovasinya dengan harga Rp24.999.000 (12GB/256GB) dan Rp26.999.000 (12GB/512GB). Galaxy Z Fold3 tersedia dengan pilihan warna Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver. Untuk informasi lebih lanjut tentang Samsung Galaxy Z Fold3 5G, silakan kunjungi www.samsung.com/id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Indah Sulistyorini

Terbaru