Pentingnya Berpikir Kritis Supaya Tidak Termakan Hoaks

Selasa, 29 Maret 2022 | 19:33 WIB   Reporter: Markus Sumartomdjon
Pentingnya Berpikir Kritis Supaya Tidak Termakan Hoaks

Program leadership development Djarum.


BEASISWA - JAKARTA. Djarum Foundation hingga kini masih membuka program Djarum Beasiswa Plus (Beswan Djarum) untuk angkatan 2022/2023. Sedangkan bagi penerima Beswan Djarum untuk angkatan sebelumnya, saat ini  tengah menjalani pelatihan Leaderhisp Development Beswan Djarum 2021/2022.

Salah satu program pelatihan yang diikuti oleh 520 mahasiswa penerima Besawan Djarum dari 90 universitas tersebut adalah tentang pola pikir kritis. Roro Ajeng Sekar Arum, Digital Strategist dan Content Writer memaparkan kemampuan berpikir kritis bisa membuat seseorang sanggup menyaring informasi dan memecahkan solusi ke depannya.

Misalnya, soal flexing atau pamer kekayaran yang tengah naik daun saat ini. Ternyata ada influencer yang melakukan tindak kebohongan di ajang pamer kekayaaan tersebut. “Maka perlu berpikir kritis dalam menanggapi informasi yang sampai ke kita,” katanya, dalam keterangan tertulis Selasa (29/3).

Menurut Roro, dengan kemampuan berpikir kritis, seseorang akan berpikir secara perlahan dan melihat suatu permasalahan dari berbagai sudut pandang. Mereka akan mempertimbangkan data dan fakta sebelum mengambil keputusan. Dengan demikian, keputusan yang diambil akan lebih sesuai dengan permasalahan yang ada karena dipikirkan secara matang.

Selain itu Roro juga berharap generasi muda dan peserta Beswan mampu berpikir secara kreatif dalam menghadapi suatu permasalahan.

Dengan berpikir kreatif, seseorang mampu melihat berbagai opsi penyelesaian atas berbagai permasalahan yang ada. Jika suatu opsi dianggap tidak sesuai dengan permasalahan dan visi yang dimilikinya, orang tersebut akan berusaha mencari inspirasi demi memunculkan ide dan gagasan baru yang lebih tepat.

Lounardus Saptopranolo, Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation menjelaskan, pelatihan pola pikir kritis di materi design thinking in written communication ini diberikan kepada para Beswan Djarum dengan tujuan agar mereka lebih berhati-hati mengolah informasi yang diperolehnya.

Pelatihan Leadership Development sendiri  merupakan satu dari beberapa pelatihan soft skills yang diberikan kepada para peserta Djarum Beasiswa Plus. Pelatihan ini meliputi nation building, character building, competition challenges, serta international exposure.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon

Terbaru