Kenapa payudara terasa sakit? Ini penyebabnya

Rabu, 15 Desember 2021 | 05:36 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Kenapa payudara terasa sakit? Ini penyebabnya

ILUSTRASI. ilustrasi payudara terasa sakit.


EDUKASI - Payudara terasa sakit kerap dirasakan oleh para wanita. Hal tersebut umumnya disebabkan oleh berbagai faktor. 

Rasa sakit pada payudara umumnya bukan masalah yang serius, namun tetap jangan menganggap sepele hal tersebut. Jika payudara terasa sakit dengan rentang waktu yang cukup lama disarankan untuk segera pergi ke dokter agar dapat diketahui penyebabnya. 

Berikut adalah beberapa penyebab umum payudara terasa sakit: 

Baca Juga: 5 Tempat staycation termurah di Bandung, cocok banget untuk liburan nataru

1. Bra yang kekecilan 
Jika anda menggunakan bra yang kecil atau terlalu ketat akan membuat payudara anda terasa sakit. Pasalnya otot-otot payudara menjadi tegang sehingga aliran darah tidak lancar. 

2. Hamil 
Hamil juga bisa menjadi salah satu penyebab payudara terasa sakit. Hal tersebut dikarenakan hormon dalam tubuh meningkat di minggu awal kehamilan. 

3. Haid
Datang bulan atau haid juga merupakan salah satu penyebab sakit di payudara. Saat menjelang haid kebanyakan wanita merasakan hal serupa. 

Pasalnya, saat haid tubuh wanita mengalami perubahan hormon yang menimbulkan salah satunya sakit di payudara. 

Baca Juga: Rekomendasi hoodie polos keren, diprediksi jadi salah satu tren 2022

4. Menyusui
Penyebab sakit payudara selanjutnya adalah saat menyusui. Hal tersebut dikarenakan meningkatnya produksi ASI, namun tidak usah cemas karena seiring berjalannya waktu menyusui bayi rasa sakit akan menghilang. 

5. Olahraga
Jika anda merasakan rasa sakit di payudara itu mungkin disebabkan oleh otot yang tegang. Jika rasa sakit karena otot tegang itu termasuk hal yang wajar. 

Mulailah melakukan pemanasan dahulu sebelum melakukan olahraga sehingga dapat menghindari rasa sakit di payudara. Selain karena otot payudara yang tegang, rasa sakit tersebut kemungkinan bisa terjadi karena bra yang tidak sesuai sehingga tidak bisa menopang payudara dengan benar saat berolahraga.

Baca Juga: 6 Tempat staycation outdoor di Bandung cocok banget untuk liburan nataru

6. Cedera
Cedera atau benturan juga bisa membuat payudara terasa sakit. Jika anda mengalami hal ini dengan rentang waktu relatif lama alangkah lebih baik konsultasi ke dokter. 

Itulah beberapa penyebab umum payudara terasa sakit. Jika anda mengalami rasa sakit diluar penyebab diatas atau dengan waktu yang cukup lama disarankan untuk segera menemui dokter agar anda bisa cepat sembuh dan sehat kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru