Wisata

Rayakan Hari Batik, Ini 5 Museum Batik yang Bisa Dikunjungi

Rabu, 02 Oktober 2024 | 20:32 WIB Sumber: Kompas.com
Rayakan Hari Batik, Ini 5 Museum Batik yang Bisa Dikunjungi

ILUSTRASI. Museum Batik Danar Hadi


BATIK - JAKARTA. Hari Batik Nasional jatuh pada tanggal 2 Oktober untuk memperingatinya kamu bisa wisata budaya mengunjungi museum batik di Indonesia.

Wisata budaya ini akan membawa wisatawan mengetahui koleksi batik, ciri khas batik setiap daerah, dan wisata edukasi menjelaskan pembuatan batik.

Simak museum batik di Indonesia, wisata budaya untuk memperingati Hari Batik Nasional, berikut selengkapnya.  

1.  Museum Batik Yogyakarta

Museum Batik Yogyakarta berlokasi di Jalan Doktor Sutomo Nomor 13A, Bausasran, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Museum Batik Yogyakarta buka setiap hari pukul 09.00 sampai 16.00 WIB. Harga tiket masuk mulai Rp 20.000 hingga Rp 40.000 per orang.

Museum Batik Yogyakarta didirikan pada tahun 1977, menyimpan berbagai koleksi batik dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu terdapat koleksi kebaya, sulaman, dan biasanya di Museum Batik Yogyakarta mengadakan lokakarya tentang cara membuat batik dan ejarahnya.

2.  House Of Danar Hadi

House Of Danar Hadi berlokasi di Jalan Slamet Riyadi Nomor 261, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. House Of Danar Hadi buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB untuk Senin-Jumat sedangkan Sabtu-Minggu 09.00 hingga 18.00 WIB. Harga tiket masuk menuju House Of Danar Hadi mulai Rp 25.000 sampai Rp 45.000.

House Of Danar Hadi merupakan museum batik terbesar di Indonesia dengan koleksi batik kuno dan modern. Koleksi batik mencapai 10.000 helai dan diakui oleh MURI. House Of Danar Hadi sekaligus sebagai produsen batik berkualitas tinggi. Pada bagian belakang museum terdapat kompleks pabrik batik tulis dan cap yang bisa dikunjungi wisatawan.

Baca Juga: Kemenperin dan YBI Rajin Ajak Masyarakat Bangga Pakai Batik

3. Museum Batik Pekalongan

Museum Batik Pekalongan berlokasi di Jalan Jetayu Nomor 3, Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Museum Batik Pekalongan dibangun pada pertengahan abad ke-19, ribuan koleksi batik dipamerkan pada tiga ruangan.

Museum Batik Pekalongan mendapatkan penghargaan dari UNESCO sebagai Best Practices dan Konservasi Batik. Wisatawan dapat melihat video panduan, buku, dan film dokumenter. Museum Batik Pekalongan buka setiap hari pukul 08.00 sampai 11.00 WIB dan 13.00 hingga 15.00 WIB. Biaya masuk ke Museum Batik Pekalongan mulai Rp 2.000 sampai Rp 10.000 per orang.

4. Museum Tekstil 

Museum Tekstil berada di Jalan K.S. Tubun, Kota Bambu Selatan, Kecamatan Palmerah, Kota Jakarta Barat. Museum Tekstil buka setiap hari kecuali Senin, mulai pukul 09.00 sampai 16.00 WIB. Tiket masuk menuju museum Senin-Jumat Rp 7.500 per orang dan Sabtu-Minggu Rp 11.250. Anak-anak dan pelajar Rp 3.750.

Museum Tekstil Jakarta mempunyai koleksi batik yang luas dan wisatawan dapat belajar membatik melalui lokakarya. Selain batik di Museum Tekstil juga mempunyai koleksi kain sarung, selendang, dan kemben khas Indonesia.

5. Museum Batik Indonesia

Museum Batik Indonesia berlokasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Museum ini didirikan sebagai wujud tindak lanjut atas penetapan Batik Indonesia sebagai Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009.

Museum Batik Indonesia mulai dibangun pada tahun 2014 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan selesai dibangun pada tahun 2018. Saat ini pengelolaannya berada di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Museum Batik Indonesia bisa dikunjungi setiap hari Selasa sampai dengan Minggu, mulai pukul 09.00 sampai 15.00 WIB. Untuk berkunjung ke Museum Batik Indonesia, bebas dari biaya alias gratis. Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk TMII di gerbang depan.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Museum Batik di Indonesia untuk Memperingati Hari Batik Nasional", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2024/10/02/191500827/4-museum-batik-di-indonesia-untuk-memperingati-hari-batik-nasional.
 

Selanjutnya: Sambut HUT Ke-26, Bank Mandiri Tebar Pasar Murah di 260 Titik

Menarik Dibaca: 8 Fitur Kamera iPhone yang Unik dan Tidak Ditemukan di Android

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih

Terbaru