Rico Usthavia Frans keranjingan mengoleksi boneka beruang

Minggu, 09 Desember 2018 | 09:10 WIB   Reporter: Nina Dwiantika
Rico Usthavia Frans keranjingan mengoleksi boneka beruang


TOKOH - Boneka bukan cuma monopoli perempuan terutama anak-anak. Laki-laki juga ada yang suka, lo.

Rico Usthavia Frans, misalnya. Direktur Teknologi Informasi dan Operasional PT Bank Mandiri Tbk ini tengah keranjingan mengoleksi boneka beruang Hard Rock Cafe dari berbagai negara.

Pria 48 tahun ini mulai mengumpulkan boneka tersebut pada 2014 lalu. Pertama kali, ia membeli boneka beruang itu dari Hard Rock Cafe di San Francisco, Amerik Serikat. “Awalnya saya hanya iseng, terus ternyata menarik,” kata Rico.

Saat ini, koleksi milik Rico sekitar 40 boneka beruang. Tidak semua dia beli langsung saat bertugas atau liburan ke luar negeri. Sebagian lain adalah hasil ia menitip ke teman-temannya yang sedang dinas atau pelesiran ke mancanegara.

Rico memajang di ruang kerjanya. Tentu, kegemaran mengoleksi boneka beruang Hard Rock Cafe membuat heran teman, juga relasi kerjanya.

“Tapi, pas saya ulang tahun jadi ada yang kirim boneka,” ujar pria kelahiran Kebumen, Jawa Tengah, 31 Mei 1970, ini tersenyum. Selain itu, ia juga mengumpulkan karakter mainan, seperti Bart Simpson, Elmo, dan Mario Bros.

Koleksi boneka beruang milik Rico yang paling jauh berasal dari Hard Rock Cafe Nassau (Bahama), Edinburgh (Skotlandia), dan Manchester (Inggris). Ada juga yang berasal dari Asia, seperti dari Hard Rock Cafe Tokyo (Jepang) dan Seoul (Korea Selatan).

Tidak ketinggalan, boneka beruang dari London yang merupakan tempat awal Hard Rock Cafe berdiri pada 1971 silam. “Hampir semua koleksi boneka beruang saya suka,” ucapnya.

Tentu, Rico masih akan melakukan perburuan boneka beruang dari Hard Rock Cafe lainnya. Maklum, ada lebih dari 175 Hard Rock Cafe yang tersebar di 53 negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru