Sekitar 5.000 atlet akan ambil bagian dalam Asian Para Games 2018

Jumat, 07 September 2018 | 15:30 WIB Sumber: Kompas.com
Sekitar 5.000 atlet akan ambil bagian dalam Asian Para Games 2018

ILUSTRASI. PAWAI OBOR ASIAN PARA GAMES 2018


ASIAN PARA GAMES - SOLO. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menteri PMK) Puan Maharani menjadi pembawa lentera api terakhir dalam torch relay Asian Para Games 2018 di Solo, Jawa Tengah, Rabu (5/9) lalu.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, lentera api torch relay Asian Para Games 2018 dikirab dari kantor pusat Nasional Paralympic Commitee (NPC) Jalan Ir Sutami Kentingan, Jebres, Solo sekitar pukul 14.00 WIB menggunakan kereta kencana melewati Jalan Ir Juanda (sampai warung pelem).

Lentera api selanjutnya dibawa berjalan atau lari secara estafet dari Jalan Ir Juanda - Jalan Jenderal Urip Sumoharjo - Jalan Sudirman (putar balik) - Balai Kota Surakarta (finish). Pembawa lentera api itu antara lain, Nanda Mei Solikhah (atlet para atletik), Brigjend TNI Bakti Agus Fadjari (Kasdam IV Diponegoro), Jaenal Aripin (atlet para atletik), Bertrand Antholin (duta obor), Amandra Syah Arwan (Wakajati Jateng), Rizal Bagus (atlet para atletik).

Lalu Gusti Kanjeng Ratu Koes Moertiyah (pemangku budaya), Brigjend Pol Ahmad Luthfi (Wakapolda Jateng), Puan Maharani (Menko PMK) dan FX Hadi Rudyatmo (Wali Kota Surakarta).

Lentera api torch relay Asian Para Games 2018 tersebut di tempat di depan Balai Kota Surakarta. Menurut Puan, Asian Para Games 2018 merupakan rangkaian acara setelah Asian Games 2018.

Puan berharap, suksesnya penyelenggaraan Asian Games 2018 disertai suksesnya Asian Para Games yang akan dibuka 6 Oktober 2018 di Jakarta.

"Kalau Asian Games yang datang 17.000 orang, Asian Para Games ini Insyaallah yang datang 5.000 orang. Memang hanya sepertiganya Asian Games, tapi tidak mengurangi semangat kita untuk mensukseskan Asian Para Games 2018," ungkap Puan.

Presiden Inapgoc Raja Sapta Oktohari mengatakan, Solo menjadi kota pertama setelah Mrapen, Grobogan dalam rangkaian torch relay Asian Para Games 2018. Lentera api selanjutnya akan dibawa ke Ternate.

"Setelah dari Solo lentera api akan kita dibawa ke Ternate bertepatan Haornas," ungkap dia. Setelah itu, lanjut dia, api akan dibawa ke Makassar, Denpasar, Pontianak, Medan, Pangkalpinang, dan terakhir ke Jakarta pada 30 September untuk dimulainya penyelenggaraan pesta olahraga empat tahunan tingkat Asia. (Kontributor Solo, Labib Zamani)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Puan Maharani Bawa Lentera Api Terakhir Pawai Obor Asian Para Games 2018 di Solo",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru