Siap-siap, ini 10 skill yang banyak dibutuhkan di dunia kerja 2025

Senin, 30 November 2020 | 14:05 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Siap-siap, ini 10 skill yang banyak dibutuhkan di dunia kerja 2025

ILUSTRASI. Siap-siap, ini 10 skill yang banyak dibutuhkan di dunia kerja 2025. REUTERS/Kham


MENGEMBANGKAN DIRI -  Ada beragam skill yang dibutuhkan di dunia kerja. Skill atau kemampuan tersebut adalah sof skill dan hard skill

Soft skill, dikutip dari The Balance Careers, merupakan kemampuan non-teknikal yang berhubungan dengan bagaimana seseorang bekerja. Kemampuan ini melibatkan bagaimana karyawan berinteraksi, menyelesaikan masalah, hingga memanajemen pekerjaan. 

Sedangkan hard skill adalah kemampuan yang berkaitan dengan suatu pekerjaan tertentu. Kemampuan ini biasanya didapat melalui pelatihan dan pengalaman di pekerjaan tertentu. 

Keberadaan mesin dan teknologi semakin menekan tenaga manusia di perusahaan. Namun demikian, kemampuan manusia tetap dibutuhkan di dunia kerja. 

Melansir laman World Economic Forum (WEF), sebagian besar karyawan perusahaan perlu memperbaharui kemampuan mereka. Hal ini dilakukan agar mereka bisa bersaing hingga tahun-tahun berikutnya. 

Berikut skill yang dibutuhkan di dunia kerja pada 2025 versi World Economic Forum.

  • Berpikir analitis dan inovatif

Perusahaan bisa tetap bertahan dengan berbagai inovasi untuk mengikuti permintaan pasar. Karenanya, banyak perusahaan yang merekrut karyawan yang mampu berpikir inovatif dan analitis.

Baca Juga: Daftar 10 SMA terbaik dengan nilai rerata TPS tertinggi di Indonesia 2020 versi LTMPT

  • Mampu belajar secara aktif dan mandiri

Di dunia kerja, Anda sudah tidak lagi dibimbing layaknya di sekolah atau universitas. Karyawan dituntut untuk bisa aktif belajar dan mandiri. Gunakan segala sumber untuk mendukung ilmu dan pembelajaran selama Anda di kantor. 

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru