Studi Terbaru Tunjukkan Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Bila Dikonsumsi Setiap hari

Minggu, 17 Juli 2022 | 00:10 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Studi Terbaru Tunjukkan Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Bila Dikonsumsi Setiap hari


KESEHATAN -  Jika Anda termasuk salah satu penggemar buah alpukat, kemungkinan besar Anda akan menikmati buah yang gurih lebih dari sekadar rasanya, tetapi juga menikmati segudang manfaat kesehatannya. 

Sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan American Heart Association menunjukkan bahwa orang yang gemar makan alpukat dalam jumlah besar memiliki jantung yang lebih sehat. Selain itu, tingkat penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung koroner mereka juga lebih rendah. 

Melansir Tastingtable.com, Sabtu (16/7), Bahkan penelitian baru ini juga menunjukkan bahwa mengonsumsi buah alpukat dapat menurunkan kolesterol jahat.

Apa itu kolesterol jahat?

Tahukah Anda perbedaan antara kolesterol HDL dan LDL? Menurut Keck Medicine, kolesterol high-density lipoprotein (HDL) adalah kolesterol "baik", karena HDL mengangkut kolesterol ke hati, di mana ia dapat dikeluarkan dari aliran darah sebelum menumpuk di arteri dan berpotensi menyebabkan penyakit jantung. 

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami dan Waktu yang Dibutuhkan

Sementara itu, Low-density lipoprotein (LDL), dianggap sebagai kolesterol "jahat", karena membawa kolesterol ke arteri di mana ia dapat menumpuk.

Jika arteri atau pembuluh darah dan sirkulasi darah Anda bebas dan bersih adalah harapan semua orang. Untuk itu, makan makanan yang telah terbukti membantu menurunkan kolesterol LDL, seperti kacang-kacangan, dan biji-bijian adalah hal yang baik.  Selain itu, Anda juga bisa menambahkan alpukat ke daftar itu.

Satu alpukat sehari dapat turunkan kolesterol LDL

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan awal pekan ini oleh Journal of American Heart Association, para peneliti dari Pennsylvania State University meminta setengah dari kelompok penelitian lebih dari 1.000 untuk makan satu alpukat sehari, sementara separuh lainnya diminta untuk menjaga pola makan mereka tetap sama. 

Setelah enam bulan, mereka yang berada dalam kelompok alpukat menunjukkan penurunan rata-rata 2,5 miligram/desiliter kolesterol LDL dalam darah mereka.

Baca Juga: 13 Ramuan Obat Herbal Kolesterol Ampuh dan Mudah Dibuat di Rumah

"Alpukat bisa menjadi tambahan yang bermanfaat untuk diet seimbang," kata Penny Kris-Etherton, penulis studi tersebut, dalam sebuah pernyataan. 

"Memasukkan alpukat per hari dalam penelitian ini tidak menyebabkan penambahan berat badan dan juga menyebabkan sedikit penurunan kolesterol LDL," sambungnya.

Keuntungan lain konsumsi alpukat

Dan berpotensi menurunkan kolesterol bukan satu-satunya manfaat dalam hal makan alpukat, menurut CNN.

Buah-buahan dikemas dengan potasium, yang merupakan mineral yang dapat membantu tubuh Anda membuang kelebihan natrium. Menurut Harvard Health, terlalu banyak natrium dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan tekanan darah tinggi, dan bahkan meningkatkan risiko stroke.

Baca Juga: Makanan dan Minuman yang Menurunkan Berat Badan Sekaligus Membakar Lemak Perut

Jika Anda khawatir tentang penurunan berat badan atau membutuhkan sesuatu yang akan membantu Anda tetap berenergi, alpukat juga mengandung banyak serat.

Ini berarti hidangan apa pun yang mengandung bahan tersebut seperti semangkuk gandum hangat atau fettuccini Alfredo yang berpotensi vegan dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Alpukat juga merupakan sumber folat yang baik, yang dilaporkan Mayo Clinic adalah vitamin B yang dapat memengaruhi pertumbuhan sel. Sementara kebanyakan orang dewasa tidak memiliki masalah mendapatkan cukup folat dari makanan biasa mereka (vitamin dapat ditemukan dalam sayuran hijau, buah jeruk, melon, kacang-kacangan, dan tempat lain), penting bagi orang hamil untuk memantau, karena folat dapat mencegah kelahiran cacat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru