Suka memasak, ini beragam alat masak yang wajib ada di dapur Anda

Kamis, 02 Juli 2020 | 07:26 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Suka memasak, ini beragam alat masak yang wajib ada di dapur Anda

ILUSTRASI. Berbagai alat masak yang harus ada setiap saat di dapur Anda


RESEP MASAKAN - JAKARTA. Bagi Anda yang baru saja menikah dan pindah ke rumah baru, mungkin Anda masih bingung alat masak apa saja yang perlu ada di dapur Anda. Ada banyak peralatan yang dibutuhkan saat memasak, tetapi hanya beberapa yang penting dan harus selalu tersedia di semua dapur. 

Dengan memilih alat masak mana yang harus ada dan yang tidak, Anda bisa menghemat pengeluaran dan membuat dapur menjadi lebih rapi.

Nah, berikut ini adalah beberapa alat masak yang selalu ada dan tidak boleh terlewatkan jika Anda ingin mengisi dapur Anda. 

  • Kompor

Kompor merupakan alat masak wajib yang harus tersedia di dapur Anda. Ada dua jenis pilihan kompor yang bisa Anda gunakan saat ini; kompor gas, dan kompor listrik. Masing-masing jenis kompor tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya.

  • Panci dan Wajan

Panci dan wajan menjadi hal krusial yang harus selalu ada di dapur. Sebaiknya Anda membeli satu set panci dan wajan dengan berbagai ukuran. Dengan memiliki berbagai ukuran wajan dan panci, Anda bisa memasak dengan beragam jumlah makanan. 

  • Berbagai jenis pisau

Selain panci, alat masak yang harus Anda miliki dengan berbagai ukuran adalah pisau. Mungkin Anda mengira satu pisau bisa digunakan untuk berbagai hal, nyatanya ada berbagai jenis pisau dengan fungsi berbeda. 

Jika Anda ingin mengupas buah terutama apel, pisau yang pas adalah pisau buah. Sedangkan saat akan memotong daging yang masih melekat di tulang, sebaiknya Anda memakai pisau tulang yang kuat dan tajam. 

Baca Juga: Makanan untuk menjaga kesehatan mata, berikut daftarnya Makanan untuk menjaga kesehatan mata, berikut daftarnya

  • Spatula dan sendok sayur

Untuk memudahkan Anda dalam membalik gorengan, tumisan dan mengambil kuah atau sayur, spatula dan sendok sayur menjadi hal yang penting. Jangan lupa untuk membeli alat masak ini lebih dari satu. 

Spatula sendiri ada yang berbahan dasar kayu, stainless steel, atau karet dengan warna-warni yang lucu. Sedangkan sendok sayur biasanya menggunakan stainless steel sebagai bahan dasarnya. 

  • Sendok dan gelas ukur

Memiliki dua jenis alat ukur sebagai alat masak Anda, akan sangat membantu dalam proses masak-memasak. Jangan sampai masakan Anda kurang bumbu atau terlalu asin karena Anda tidak memakai ukuran saat menakar bumbu. 

  • Ulekan

Sebagai pecinta sambal secara khusus, dan orang Indonesia secara umumnya, ulekan menjadi alat masak wajib yang selalu ada di dapur. Alat ini sangat serbaguna, tidak hanya untuk mengulek sambal, tetapi Anda juga bisa menggunakannya untuk menggeprek empal. 

  • Baskom dan saringan

Baskom berfungsi saat Anda akan menyiapkan bahan masakan seperti sayur, atau daging. Pastikan Anda memiliki lebih dari satu di rak piring Anda. Sedangkan saringan akan mempermudah Anda saat meniriskan sayur atau daging yang sudah dicuci.

Selamat memasak!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru