Susah Payah Singkirkan Nottingham Forest, Liverpool Melaju ke Semifinal Piala FA

Senin, 21 Maret 2022 | 09:32 WIB   Reporter: Ridwan Nanda Mulyana
Susah Payah Singkirkan Nottingham Forest, Liverpool Melaju ke Semifinal Piala FA

ILUSTRASI. Liverpool


PIALA FA - JAKARTA. Liverpool harus bersusah payah untuk melaju ke semifinal Emirates FA Cup alias Piala FA. Pada babak perempat final, Liverpool berhasil menyingkirkan Nottingham Forest dengan skor tipis 1-0.

Bertandang ke The City Ground, Liverpool tampil di bawah performa terbaiknya setelah bermain tanpa sejumlah pemain pilar. Meski begitu, tim asuhan Jurgen Klopp tetap bisa menguasai jalannya pertandingan di babak pertama.

Peluang emas pertama didapatkan oleh Roberto Firmino di depan gawang Forest yang dijaga Ethan Horvath pada menit ke-28. Sayang, penyelesaian yang tidak sempurna dari Firmino gagal memberikan keunggulan bagi The Reds.

Tak mau dipermalukan dihadapan pendukungnya, Forest pun beberapa kali membalas serangan dan merepotkan barisan pertahanan Liverpool. Alhasil, kedua tim ini pun bermain tanpa gol di babak pertama.

Memasuki paruh kedua, Liverpool dan Forest tampil lebih terbuka untuk menyajikan jual beli serangan. Pada menit ke-48, kesalahan operan di kotak pinalti Liverpool nyaris membawa keunggulan bagi Forest. Beruntung Alisson Becker masih bisa mengamankan gawangnya dari kebobolan.

Tampil kurang efektif, Jurgen Klopp melakukan rotasi untuk bisa lebih menggedor Forest. Pada menit ke-64, Liverpool langsung mengganti empat pemainnya dengan memasukan Luis Diaz, Thiago Alcantara, Jordan Henderson, dan Takumi Minamino.

Masuknya keempat pemain tersebut bagai menambah darah bagi Liverpool. Gempuran The Kop pun lebih bervariasi. Meski masih harus bersusah payah untuk bisa menaklukkan Forest yang bermain rapi.

Forest malah hampir unggul lebih dulu pada menit ke-76, andai sepakan Zinkernagel tak melenceng tipis ke sebelah gawang Liverpool.

Dua menit berselang, Liverpool ganti menyerang. Diogo Jota sukses memecah kebuntuan setelah berhasil meneruskan umpan silang dari Kostas Tsimikas.

Berada tipis dan nyaris terjebak offside, gol Jota akhirnya tetap disahkan wasit. Liverpool pun unggul 1-0. Skor ini bertahan hingga akhir laga.

Dengan hasil tersebut, Liverpool bakal berjumpa dengan Manchester City pada babak semifinal yang digelar 16 April 2022. City sebelumnya berhasil menumbangkan Southampton dengan skor 4-1.

Duel antara City dan Liverpool ini bagai gambaran big match karena keduanya sedang bersaing di puncak klasemen English Premier League. Saat ini, keduanya hanya berselisih 1 poin dan kian dekat menuju penentuan juara Liga Utama Inggris musim ini.

Pada pertandingan lain, Chelsea bakal berjumpa dengan Crystal Palace di semifinal Piala FA. Jika Chelsea dan Liverpool bisa mengatasi lawannya di semifinal, maka perbandingan final Piala FA nanti bakal mengulang final Piala Liga Inggris alias Carabao Cup yang digelar pada akhir Februari lalu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru