Tak mau kalah, Samsung disebut siapkan chipset baru selevel A14 Bionic Apple

Senin, 25 Januari 2021 | 14:16 WIB Sumber: Gizmochina
Tak mau kalah, Samsung disebut siapkan chipset baru selevel A14 Bionic Apple

ILUSTRASI. Tak mau kalah, Samsung disebut siapkan chipset baru selevel A14 Bionic Apple.


GADGET - SEOUL. Samsung dikabarkan sedang mengerjakan seri chipset baru yang akan selevel dengan chipset A14 Bionic buatan Apple yang menjadi sumber kekuatan lini iPhone 12.

Meskipun Samsung baru saja merilis chipset Exynos 2100 yang diklaim mendapatkan pembaruan sangat banyak dari seri sebelumnya, namun secara statistik chip tersebut masih ada di bawah A14 Bionic.

Sebagai catatan, saat ini Exynos 2100 milik Samsung memiliki poin yang sebanding dengan Snapdragon 888 buatan Qualcomm dalam hal pengujian CPU. Namun kinerja GPU-nya masih tertinggal.

Dikutip dari Gizmochina, Samsung kemungkinan bakal memperkenalkan seri chipset baru ini pada paruh pertama tahun ini. Jika benar, kemungkinan chipset baru akan dipasangkan pada seri Galaxy Note yang baru.

Sayangnya, belakangan beredar kabar bahwa Samsung akan menghapus lini Galaxy Note setalah memutuskan memberi dukungan S Pen pada Samsung S21 Ultra.

Baca Juga: Bocoran spesifikasi HP Samsung M Series baru, gunakan chipset ala Galaxy Note

Namun jika masih berlanjut, jelas sangat menarik untuk dinantikan apakah lini Galaxy Note baru akan merasakan servis chip Exynos baru.

Gizmochina sebelumnya sempat melaporkan bahwa Samsung sedang bekerja sama dengan AMD untuk mengoptimalkan kinerja grafis pada chip Exynos yang selama ini menjadi titik lemah.

Kabar tersebut jelas memperkuat rumor bahwa Samsung memang sedang berusaha mengejar ketertinggalan dari rival-rivalnya dalam hal kinerja GPU.

Bahkan, laporan menyebutkan bahwa dalam uji coba awal, chipset Exynos baru berhasil menunjukkan performa grafis yang lebih baik dari A14 Bionic dengan selisih yang signifikan.

Mengacu pada rumor yang beredar saat ini, sepertinya Samsung akan mengubah jadwal peluncuran chipset tahunannya. Pandemi yang masih berlanjut juga bisa terus menggeser jadwal.

Selanjutnya: Samsung Galaxy M31, HP mid-range pertama dapat update One UI 3.0 dan Android 11

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Terbaru