Tasikmalaya gelar kejurnas arung jeram

Sabtu, 15 Desember 2018 | 17:45 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Tasikmalaya gelar kejurnas arung jeram


WISATA - JAKARTA. Tasikmalaya mengggelar olahraga seru yakni Kejurnas Arung Jeram R6 2018 di Sungai Ciwulan Urug Lapang Kawalu, Tasikmalaya, pada 13-16 Desember 2018. Event ini sekaligus persiapan menghadapi World Rafting Championships (WRC) 2019 di Australia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut sporttourism adalah cara efektif untuk mempromosikan pariwisata. Karena melibatkan banyak atlet yang bisa menjadi wisatawan. Kementerian Pariwisata sering mendukung sport tourism karena dampaknya sangat positif buat daerah dan masyarakat.

Sedangkan Pelaksana Tugas Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata, Ni Wayan Giri Adnyani merasa senang karena Sungai Ciwulan Tasikmalaya terpilih menjadi tuan rumah kejuaraan tersebut. “Tentu kita berharap kejuaran ini dapat mengangkat Sungai Ciwulan sebagai destinasi wisata,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/12).

Kejurnas Arung Jeram R6 2018 merupakan Kejurnas ke-15 yang diselenggarakan oleh FAJI. Kali ini, Kejurnas diikuti 44 tim dari 12 Provinsi di Indonesia. Perlombaan arung jeram Kelas R6 ini dibagi menjadi 4 kelas yaitu, Youth, Junior, Open dan Master. 12 Provinsi yang ambil bagian dalam ajang olahraga ini adalah Aceh, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Barat, Jambi, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Ketua Tim Percepatan Wisata Petualangan Kementerian Pariwisata Amalia Yunita menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan seleksi nasional. Tim-tim yang mampu mencatatkan waktu terbaik, akan mewakili Indonesia pada event World Rafting Championships (WRC) 2019 di Australia. "Pada event WRC 2017 tahun lalu di Jepang, tim Indonesia berhasil mendapat medali emas, perak dan perunggu dari tim Youth. Mencerminkan bahwa Indonesia mampu bersaing dalam kegiatan olahraga arung jeram tingkat dunia,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru