Terus Perkuat Pendidikan Internasional, Unissula Kirim 30 Mahasiswa ke UiTM Malaysia

Selasa, 12 Juli 2022 | 21:23 WIB   Reporter: kompas.com
Terus Perkuat Pendidikan Internasional, Unissula Kirim 30 Mahasiswa ke UiTM Malaysia


PENDIDIKAN - JAKARTA. Partisipasi dalam perkuliahan lintas negara secara konsisten merupakan salah satu poin plus yang dimiliki suatu perguruan tinggi dalam rangka memperkuat visi pendidikan internasional. Itulah yang dilakukan Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Jawa Tengah .

Fakultas Ekonomi Unissula, berupaya semakin menunjukkan visinya untuk memperkuat latar belakang pendidikan internasional dengan misi mencetak generasi sumber daya manusia (SDM) yang unggul, kompetitif, berprestasi dan berakhlak mulia. 

Salah satu kegiatan untuk mewujudkan SDM yang kompeten dengan visi Internasional adalah berpartisipasi pada kegiatan perkuliahan di lintas negara secara konsisten, agar para mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk unjuk prestasi di level Internasional. 

Pada tanggal 26 Juni hingga 1 Juli 2022, FE Unissula mengirim 30 mahasiswa pada acara Student Mini Conference Unissula di Universiti Teknologi MARA (UiTM) Shah Alam Malaysia, dalam rangkaian program International Collaborative Program VII. 

Total mahasiswa yang ikut, 19 mahasiswa dari Jurusan Akuntansi dan 11 mahasiswa dari Jurusan Manajemen. 

Baca Juga: Mahasiswa FE Unissula Sabet predikat The Best Participant di Turki

Kegiatan ini didampingi oleh 4 Dosen ternama FE Unissula, yakni Punky Lela Saputri (Koordinator dan Kerjasama di Kelas Excellent/Internasional), Lalu Naila Najihah (Pengisi acara Guest Lecture dan dosen Akuntansi), Prof. Hendar (Wakil Dekan FE Unissula), Dr. Lutfi Nurcholis (Dosen Manajemen dan pengisi acara Guest Lecture). 

Dekan FE Unissula, Prof. Olivia Fachrunnisa mengatakan, Student Mini Conference Unissula di UiTM CT International Collaborative Program VII merupakan sebuah acara yang sudah dilakukan Fakultas Ekonomi Unissula dengan kampus UiTM Cawangan Trengganu sejak 2015. 

"Selain mahasiswa, program ini juga diikuti oleh dosen untuk kegiatan guest lecture dan joint research," kata dia dalam keterangannya, Selasa (12/7/2022). 

Kegiatan yang dilakukan, antara lain kunjungan di lokasi UMKM dan beberapa tempat di Trengganu. Lalu acara student mobility, yakni seminar internasional yang mana pengajarnya dibawakan dari luar. 

Baca Juga: Ruangguru Luncurkan Ruangguru for Kids & Akuisisi Schoters, Bimbingan Studi LN

Adapun konsepnya, mahasiswa ditempatkan di suatu ruangan dan para pembicaranya adalah dosen UiTM serta kolaborasi dengan dosen FE Unissula. 

Lalu para peserta bertemu langsung dengan narasumber entrepreneurship. Selain itu peserta mendapatkan kesempatan kegiatan KKN Internasional sesuai dengan tema yang dikunjungi pada saat lokasi UMKM. 

Editor: Noverius Laoli

Terbaru