Tiga langkah Menteri Pariwisata Arief Yahya majukan pariwisata Garut

Selasa, 09 April 2019 | 23:59 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Tiga langkah Menteri Pariwisata Arief Yahya majukan pariwisata Garut


WISATA - JAKARTA. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengusulkan tiga langkah untuk memajukan pariwisata di Kabupaten Garut, Jawa Barat (Jabar), melalui pengembangan pariwisata berbasis digital.

"Garut ini adalah Kabupaten dengan event pariwisata terbanyak tahun ini, ada 123 event, mengungguli Banyuwangi yang hanya 99 event. Ini merupakan kekuatan Garut," ujar Menpar Arief Yahya dalam keterangan persnya, Selasa (9/4).

Dengan keunggulan itulah, lanjut Menpar, Garut harus mempunyai terobosan lain. Ia mengusulkan 3 hal untuk mempromosikan pariwisata Garut yang melibatkan anak-anak muda kaum milenial.

Pertama, dengan memperbanyak spot-spot destinasi yang indah di Garut dan mempromosikan pariwisata menggunakan digital media atau media sosial agar mendunia.

Kedua, dengan membangun tiga destinasi digital tahun ini yang disesuaikan dengan karakteristik kaum milenial. Usul yang ketiga, yakni dalam hal pengembangan sumber daya manusianya.

"Agar anak-anak muda di Garut yang lulusan program studi pariwisata agar segera disertifikasi di bidang pariwisata dengan level ASEAN," kata Menpar.

Di samping itu, Menteri Pariwisata juga meluncurkan set menu lokal khas Kabupaten Garut. Mulai tahun ini, restoran dan hotel di Garut akan menyediakan menu khusus khas Kabupaten Garut.

"Ada Burayot dan Dodol sebagai makanan pembuka, Nasi Liwet Domba Garut sebagai makanan utama, dan Es Goyobod untuk menu makanan penutupnya," jelas Menpar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru