Tips Agar Tetap Fit Selama Perjalanan Arus Balik

Sabtu, 07 Mei 2022 | 23:37 WIB   Reporter: Sri Sayekti
Tips Agar Tetap Fit Selama Perjalanan Arus Balik

ILUSTRASI. MilkLife hadir untuk memberikan semangat dalam #MenebarKebaikan melalui peluncuran varian terbaru Susu MilkLife rasa Kurma yang mengandung 9 Vitamin dan 9 Mineral, baik untuk menggantikan nutrisi tubuh yang hilang selama berpuasa.


KONTAN.CO.ID - Akhir pekan ini diperkirakan menjadi puncak arus balik paska mudik Lebaran 2022. Kegiatan di kampung halaman tentu menyenangkan bertemu sanak keluarga yang jarang bertemu. Ditambah lagi situasi pandemi yang membuat mudik Lebaran 2022 terasa istimewa karena 2 tahun tertunda mudik.

Rasa lelah dan penat akibat kemacetan perjalanan saat mudik berasa lunas terbayarkan dengan serangkaian kegiatan silaturahmi sanak saudara, kerabat, reuni teman sekolah hingga berwisata bersama keluarga besar.

Kini tiba saatnya menyiapkan kembali stamina untuk menempuh perjalanan balik, karena masa libur dan cuti bersama Lebaran 2022 telah usai dan awal pekan sudah mulai bekerja kembali. Nah, berikut ini tips yang dibagikan oleh dr Diana F.Suganda, M.Kes, SpGK agar Anda bisa tetap fit selama perjalanan arus balik:

Istirahat cukup sebelum perjalanan
Pastikan satu hari sebelum menempuh perjalanan, Anda  dan keluarga tidur yang cukup. Jadi jika harus mengendarai kendaraan pribadi dan menemui berbagai simpul kemacetan, Anda dalam kondisi fit dan segar. Pastikan juga Anda telah mempelajari rute mudik dan juga isi full tanki BBM kendaraan Anda. Selain itu pastikan saldo e-money dalam jumlah cukup untuk semua pembayaran ruas tol. Sementara, jika Anda menggunakan transportasi umum seperti pesawat terbang atau kereta api, harap hindari kerumunan dan keramaian agar terhindar dari penularan penyakit selama perjalanan. Ingat, terapkan protokol kesehatan di mana pun Anda berada.

Siapkan bekal padat gizi
Waktu tempuh perjalanan baik saat mudik maupun balik seringkali meleset dari perkiraan. Antisipasi perbekalan menjadi solusi terbaik, terlebih jika rest area pun penuh tak lagi mampu menampung kendaraan yang ingin sejenak beristirahat dan makan dan minum di rest area. Karena itu Diana menyarankan Anda membawa bekal berupa makanan utama dan makanan selingan yang padat gizi.

Konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, kentang atau roti gandum sebagai sumber energi. Lengkapi pula dengan protein hewani seperti ayam, daging, ikan dan telur. Pilihlah yang paling digemari seluruh anggota keluarga dan juga yang praktis cara mengkonsumsinya. Sedang protein nabati dapat ditambah tempe dan tahu. Buah-buahan pilihlah yang mengandung vitamin C, zinc dan kalsium.

Nah, selain itu sebagai penambah daya tahan tubuh dan stamina, Anda bisa menambah kurma dan susu yang juga sumber energi. Kini telah tersedia susu MilkLife varian kurma yang menggabungkan manfaat kurma dan susu.

Menurut data United States Department of Agriculture (USDA) Food Data Central kurma mengandung tinggi karbohidrat serta mengandung protein, lemak, serat juga berbagai vitamin dan mineral. Kurma mengandung tinggi karbohidrat yakni glukosa, fruktosa dan sukrosa yang merupakan sumber energi tubuh.
Jadi jika Anda ingin praktis dalam mengkonsumsi saat dalam perjalanan, maka MilkLife varian kurma bisa menjadi pilihan sebagai tambahan bekal perjalanan.

Istirahat saat lelah perjalanan
Jangan Anda memaksakan diri meneruskan perjalanan saat badan dan mata Anda terasa lelah. Sebab mengendarai kendaraan dalam waktu lama pasti akan menyebabkan kelelahan. Karena itu, jika Anda menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya segera beristirahat saat merasa lelah. Anda bisa memilih beristirahat di rest area atau juga di posko-posko mudik yang digelar berbagai institusi sepanjang rute mudik.

Saat istirahat sempatkan lakukan gerakan stretching untuk melancarkan peredaran darah dan mengatas penat dan pegal-pegal tubuh Anda. Setidaknya beristirahatlah sekitar 15 menit dan setelahnya Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan kondisi tubuh yang lebih segar.

Jangan lupa bawa obat-obat pribadi
Meski Anda dan keluarga dalam kondisi sehat dan bugar saat perjalanan, tetapi sebagai antisipasi Anda jangan lupa membawa obat-obat pribadi seperti obat anti mabuk perjalanan, obat flu, obat sakit kepala, obat anti masuk angin dan obat diare. Selain itu bisa pula Anda tambahkan balsem atau minyak kayu putih. Jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit tertentu harap obat-obatan khusus dan suplemen juga dibawa.

Nah, meski kasus Covid-19 sudah menurun, Anda dan keluarga tetap harus menjalankan protokol kesehatan selama perjalanan dengan menjaga jarak aman, menghindari keramaian, memakai masker, rajin mencuci tangan dengan  sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.

Patuhi rambu lalu lintas dan ikuti arahan petugas di jalan raya serta jaga kesehatan fisik dan mental agar terhindar dari risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda dan selamat menikmati perjalanan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

Terbaru