Edukasi

Tips aman saat menyalip kendaraan besar

Selasa, 04 Mei 2021 | 10:31 WIB Sumber: Kompas.com
Tips aman saat menyalip kendaraan besar

ILUSTRASI. Sejumlah truk melintas di Tol dalam kota, Jakarta Timur, Rabu (15/8).

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Berpergian melewati jalan provinsi atau jalan tol tentu akan menemui kendaraan besar dan panjang. Contohnya truk tronton ataupun bus. Dalam mengemudi, berhadapan dengan kendaraan yang memiliki dimensi besar disarankan untuk tetap berhati-hati dan waspada. 

Pasalnya kendaraan dengan ukuran yang lebih besar tentu saja memiliki blind spot yang besar pula. Lantas bagaimana cara aman menyalip kendaraan besar?

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, ada beberapa hal yang perlu dipastikan pada saat akan menyalip kendaraan terutama dengan dimensi yang lebih besar. 

"Saat akan menyalip perlu memastikan empat hal, pastikan perlu, pastikan boleh, pastikan aman, dan pastikan mampu," kata Marcell kepada Kompas.com, Senin (3/5/2021).

Baca Juga: Jumlah investor baru pasar modal melonjak, edukasi jadi krusial

Langkah pertama yang harus diperhatikan pada saat akan menyalip adalah pastikan perlu. Tentukan terlebih dahulu sebelum mendahului, apakah diperlukan untuk mendahului atau tidak. Kalau memang tidak diperlukan, lebih baik tidak mendahului kendaraan di depan. 

Kedua pastikan boleh, dalam hal ini perlu di pastikan bahwa tidak ada rambu larangan mendahului. Perhatikan juga marka jalan apakah garis putus-putus atau garis menyambung yang artinya tidak boleh melewati marka jalan tersebut. 

Ketiga, pastikan aman saat akan mendahului. Dengan cara memastikan di belakang kita tidak ada kendaraan lain yang juga ingin mendahului. Pastikan juga pengemudi kendaraan yang akan kita dahului mengerti niat kita ingin mendahului.

Jangan lupa pastikan jarak kendaraan dari arah berlawanan masih cukup jauh sehingga memungkinkan untuk kembali ke lajur kita, terutama pada saat mendahului kendaraan besar. 

Baca Juga: Adira Insurance bayar klaim banjir Rp 126 miliar sepanjang 2020

Pastikan juga ada space atau ruang di depan kendaraan dan jangan mendahului lebih dari satu kendaraan. 

Terakhir pastikan mampu. Pastikan kendaraan yang digunakan mampu untuk mendahului, lebih amannya jangan menggunakan gigi paling tinggi saat akan mendahului bagi kendaraan bertransmisi manual. 

Sedangkan untuk kendaraan matik pengemudi harus bersiap untuk melakukan kick down apabila dibutuhkan agar aman saat mendahului.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Begini Cara Aman Saat Menyalip Kendaraan Besar". 
Penulis : Arif Nugrahadi
Editor : Aditya Maulana

Selanjutnya: Mudik dilarang, pakai kendaraan ini jika ada keperluan mendesak

 

 

Editor: Noverius Laoli
Terbaru