Turut dongkrak kunjungan wisatawan, Tour de Singkarak 2018 siap digelar November

Senin, 22 Oktober 2018 | 22:35 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Turut dongkrak kunjungan wisatawan, Tour de Singkarak 2018 siap digelar November

ILUSTRASI. ETAPE IV TOUR DE SINGKARAK


WISATA - JAKARTA. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Nasrul Abit, dan walikota/bupati se-Sumbar meluncurkan event sport tourism Tour de Singkarak (TdS) 2018 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata, Senin (22/10).

Ajang balap sepeda bertaraf internasional ini akan berlangsung mulai tanggal 4 November-11 November 2018 dengan melintasi 16 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatra Barat.

Ajang ini juga dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan pergerakan wisatawawan nusantara (wisnus) ke Sumbar yang tahun 2017 lalu dikunjungi 56.313 wisman dan 6,5 juta wisnus.

“Saya mengajak semua pihak, seluruh jajaran di tingkat pusat dan daerah, pihak swasta, media dan masyarakat luas untuk mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan TdS 2018 yang saat ini telah berusia 10 tahun, sehingga dalam satu dekade ini, perhelatan akbar balap sepeda setingkat dunia ini dapat menjadi salah satu ajang sport-tourism bergengsi di mancanegara,” kata Arief Yahya dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Senin (22/10).

Wakil Gubernur Nasrul Abit bilang, dampak positif dari penyelenggaraan TdS sangat dirasakan oleh masyarakat Sumbar terutama dampak langsung ke ekonomi selama penyelenggaraan berlangsung. Hal ini terlihat dengan meningkatnya tingkat hunian kamar hotel, penjualan makanan, souvenir, dan oleh-oleh khas Sumbar. 
Selain itu, mendorong meningkatnya infrastruktur terutama jalan-jalan yang akan dilalui peserta balap sepeda menjadi terpelihara dan semakin mulus.

Rencananya TdS ke-10 tahun ini diikuti 15 tim dari mancanegara dan lima tim nasional. Para peserta akan unjuk kekuatan dengan melintasi 16 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumbar sepanjang 1.267 km untuk merebutkan total hadiah sebesar Rp 2,3 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru