Update terbaru Windows 10 peringatkan pengguna saat SSD mulai rusak

Selasa, 06 Oktober 2020 | 10:20 WIB   Penulis: Arif Budianto
Update terbaru Windows 10 peringatkan pengguna saat SSD mulai rusak


WINDOWS 10 - SSD kini menjadi storage atau media penyimpanan yang umum digunakan laptop-laptop keluaran terbaru. Meski cepat SSD juga memiliki tingkat kesehatan tertentu, jadi suatu saat bisa rusak. Lewat update terbaru Windows 10 yang akan datang, bisa mendeteksi kondisi kesehatan SSD dan akan memperingatkan penggunanya.

Jika kalian kalian memiliki laptop terbaru, pasti sudah merasakan bagaimana kencangnya SSD. Benar sekali, laptop keluaran terbaru sudah menggunakan SSD sebagai tempat penyimpanannya.

Tidak seperti hardisk konvensional, SSD memiliki durability atau ketahanan serta kecepatan yang lebih baik. 

Ini berkat SSD sudah tidak lagi menggunakan piringan seperti hardisk konvensional. Sehingga ketika laptop Anda di bawa kemana-mana tetap aman meski banyak guncangan. 

Tidak seperti hardisk yang masih menggunakan piringan yang berputar sehingga cukup riskan ketika terguncang.

Jauh lebih baik, bahkan untuk booting Windows 10 beberapa detik saja. Tidak sampai hitungan menit ketika laptop atau komputer Anda masih menggunakan hardisk.

Baca Juga: Hadir dengan generasi terbaru, berikut harga laptop AMD Ryzen teranyar Oktober 2020

Namun demikian, setiap komponen laptop atau komputer pasti memiliki umurnya masing-masing.

Mengutip dari blog resmi Windows, update terbaru Windows 10 yang akan datang bisa menampilkan kesehatan SSD.

Tampilan monitoring SSD Windows 10

Data-data yang di tampilkan seperti kesehatan SSD, suhu, perkiraan waktu hidup dan lain sebagainya.

Bukan hanya memonitoring kesehatan SSD saja, Windows 10 juga bakal menampilkan notifikasi jika SSD-nya sudah mulai menurun kesehatannya.

Notifikasi tersebut memperingatkan penggunanya jika SSD dalam kondisi kerusakan. Dengan demikian pengguna dapat mempersiapkan SSD atau media penyimpanan lain untuk menggantinya.

Notifikasi SSD mulai mengalami kerusakan di Windows 10

Pengguna juga bisa melakukan backup terlebih dahulu ketika notifikasi tersebut muncul. Langkah ini bisa meminimalisir kehilangan atau kerusakan data penting yang Anda miliki setelah sebelumnya telah di backup.

Jadi data-data penting kalian yang di SSD tetap aman tersimpan di media penyimpanan lain. Seperti USB flash disk atau hardisk eksternal, misalnya.

Update Windows 10 terbaru ini bakal hadir lewat vers build 20226. Saat ini masih belum tersedia secara publik, hanya pengguna Windows Insider yang bisa menjajal fitur ini.

Baca Juga: Bukan main!10 Komputer tua ini harganya selangit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru