Wilmar Grup sebar 14.500 paket sembako Ramadan di 29 pesantren

Senin, 11 Juni 2018 | 12:58 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Wilmar Grup sebar 14.500 paket sembako Ramadan di 29 pesantren

ILUSTRASI. Operasi Pasar Murah


CSR - JAKARTA. Wilmar Grup bersama Kementerian Perdagangan (Kemdag) menggelar pasar murah di 29 lokasi di Indonesia yang tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Lampung. 

Jumlah paket yang disebarkan mencapai 14.500 paket yang terdiri dari minyak goreng dua liter, beras lima kilogram (kg), gula 2 kg dan sirop satu botol. 
Tujuan pasar murah Ramadan ini adalah untuk membantu pengembangan pesantren sekaligus meringankan beban masyarakat sekitar pesantren dalam memenuhi kebutuhan pokok dan stabilisasi harga jelang hari raya.

Komisaris Wilmar Grup Master Parulian Tumanggor menyampaikan pasar murah Ramadan yang sudah kedua kalinya dijalankan Wilmar dan Kemdag bekerjasama dengan sejumlah pesantren ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat sekitar pesantren dalam memenuhi kebutuhan pokok. ”Kami juga menjaga stabilitas harga jelang hari raya sekaligus membantu pengembangan pesantren,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (11/6).

Tumanggor menambahkan harga paket sembako jauh di bawah harga pasar. Nilai paket riil seharusnya Rp 125.000. Tapi khusus untuk pasar murah, pesantren menjual paket ini sebesar Rp 50.000 per paket. Sedangkan untuk area pelaksanaan pasar murah, tahun ini Wilmar menjalankan pasar murah di DKI Jakarta, Depok, Karawang, Ciamis, Tasikmalaya, Majalengka, Sukabumi, Garut, Kuningan, Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Tegal dan Lampung. 

Untuk masing-masing daerah, pasar murah bisa dilaksanakan di empat titik lokasi. "Penetapan lokasi pesantren ditentukan oleh Kemdag berdasarkan pemerataan dan masyarakat yang membutuhkan,” pungkas Tumanggor.

Kepala Biro Perencanaan Kemdag Didi Sumedi mengatakan, Kementerian Perdagangan menjadi fasilitator dan mengajak perusahaan untuk membantu pesantren sekaligus meringankan beban masyarakat kurang mampu di sekitar pesantren.

Untuk mekanisme pelaksanaan pasar murah tahun ini, Wilmar memberikan bantuan CSR berupa sembako kepada pesantren di 29 lokasi tadi. Setelah itu, pesantren akan menjual sembako tadi kepada masyarakat kurang mampu di sekitar pesantren.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru