Close | x
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.525
  • EMAS662.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.04%
  • RD.CAMPURAN 0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%

Wisata alam nan memukau di sekitar Jakarta

Selasa, 28 Juni 2011 / 10:13 WIB

Wisata alam nan memukau di sekitar Jakarta

Indonesia dikenal memiliki pemandangan alam yang indah, baik pantai maupun pegunungan. Saking banyaknya, sepertinya tak cukup usia Anda jika ingin mengunjungi semua tempat indah tersebut. Apalagi jika Anda hanya bisa mendatangi tempat itu ketika musim liburan tiba.

Di sekitar Jakarta, Anda juga dapat mengunjungi beragam tempat yang menawarkan wisata alam. Kalau ingin wisata pantai dan mencicipi aroma laut, Anda bisa mendatangi Kepulauan Seribu di utara Jakarta atau Pantai Anyer di barat Jakarta (Provinsi Banten).

Sedangkan di belahan timur dan selatan Jakarta, Anda dapat mengunjungi Taman Wisata Mekarsari dan Taman Safari. Meski tempat itu tidak alami, pengunjung bisa menikmati koleksi flora dan fauna di kedua lokasi tersebut.

Tentu saja, selama musim liburan, beberapa tempat wisata membuat program khusus atau paket spesial. Yuk, kita longok apa saja yang dapat ditemui di sana untuk menyambut liburan hemat namun maksimal pertengahan tahun ini.

Taman Mekarsari

Berlibur sambil belajar bersama seluruh anggota keluarga merupakan pengalaman yang bisa didapat di sini. Lokasinya di Jalan Raya Cileungsi-Jonggol Kilometer 3, Bogor. Nah, selama periode 26 Juni hingga 10 Juli mendatang, pihak pengelola menggelar dua kegiatan besar, yaitu Festival Kota Buah dan Family Camp.

Festival Kota Buah terdiri atas Kontes Buah Melon Kualitas Terbaik yang akan diikuti para pelaku bisnis dan petani Indonesia. Kontes makin semarak dengan kehadiran 21 Dinas Pertanian se-Indonesia.

Selain itu ada Pesona 1001 Tanaman Buah Dalam Pot (Tabulampot), yang menampilkan 73 jenis tanaman dari 23 famili. Tak sekadar menonton pameran buah, pengunjung juga diajari cara mengembangkan tabulampot. “Pada 26 Juni–29 Juni juga ada demo gratis budidaya Tabulampot,” kata Public Relations Taman Wisata Mekarsari Putri Ayu Pratami.

Pengunjung tak perlu membayar biaya tambahan untuk menikmati beragam acara pada festival itu. Cukup membayar tiket masuk ke taman wisata Rp 15.000 per orang. Jika membawa mobil pribadi, tarif parkirnya Rp 10.000.

Namun, Anda perlu merogoh kocek Rp 650.000 kalau mau mengikuti Family Camp. Dengan maksimal lima anggota keluarga, peserta bisa menginap di tenda selama acara dua hari satu malam tersebut. Beragam acara bisa diikuti peserta perkemahan ini.

Pantai Anyer

Dari Jakarta, perjalanan menuju pantai wisata ini hanya membutuhkan waktu 2 jam–3 jam. Sayang, beberapa ruas jalan menuju Anyer dalam kondisi buruk. Toh, pengunjung bisa menyambangi sekaligus beberapa pantai di ujung barat Pulau Jawa tersebut.

Sebutlah Pantai Karang Bolong yang memiliki lubang di tengah karang besar, Pantai Cikoneng yang punya mercusuar peninggalan Belanda, Pantai Pasir Putih, Pantai Sambolo, Pantai Bandulu, dan Pantai Karang Kitri. Tiket masuk ke masing-masing pantai itu sekitar Rp 50.000 per kendaraan.

Di situ, Anda bisa menjajal olahraga air seperti banana boat, jetski, atau bodyboard. Tarifnya berkisar antara Rp 80.000–Rp 170.000 yang dibatasi waktu pemakaian.

Tempat lain yang cukup menarik di Anyer adalah Kampung Wisata Anyer (KWA), yang terletak di kawasan Pantai Bandulu. Pengunjung bisa berwisata kuliner dengan konsep rumahmakan bernuansa perkampungan yang asri dan nyaman. Harga per porsi sekitar Rp 5.000 hingga Rp 60.000.

Khusus musim liburan kali ini, Provinsi Banten menggelar Festival Anyer 2011 pada 1 Juli–3 Juli 2011. Berbagai acara yang digelar antara lain pawai budaya Banten, parade musik oleh Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ) se-Banten, pameran lukisan, dan kerajinan tangan.

Kepulauan Seribu

Ada beberapa pulau yang biasa menjadi tujuan wisata di kawasan Kepulauan Seribu. Pertama, Pulau Sepa dan Pulau Putri yang memiliki pantai dan ekosistem bawah laut yang indah. Diving dan snorkeling menjadi pilihan favorit aktivitas di pulau ini. Tarifnya berkisar Rp 60.000 hingga Rp 200.000.

Kedua, Pulau Pelangi yang memiliki pantai berpasir putih. Di sini ada rumah makan terapung yang menyajikan beragam hidangan laut.

Ketiga, Pulau Bidadari yang menyimpan peninggalan VOC berupa benteng Martello.

Nah, selama musim liburan ini, beberapa agen perjalanan menawarkan tarif khusus. Seperti, Venus Marine Tour yang memberikan diskon 10% dari tarif normal untuk paket ke Pulau Sepa dan Putri.

Taman Safari

Taman fauna ini terletak di Cisarua, Bogor. Sayang, berbeda dengan tempat wisata lain, tak ada paket atau program khusus selama musim liburan ini. Bahkan, pengelola taman ini menaikkan tiket masuk. Jika hari biasa tarifnya Rp 75.000 per orang, maka selama 1 Juli–17 Juli 2011 naik jadi Rp 85.000. Jika ingin menikmati petualangan malam hari, tarifnya juga naik jadi Rp 100.000 per orang.

Di tempat ini, pengunjung bisa melongok koleksi fauna terbaru, yaitu dua ekor jaguar (Panthera onca). Menurut pimpinan Taman Safari Tony Sumampau, dua hewan berusia dua tahun ini didatangkan dari Tierpark Berlin Zoo Jerman.

Memang, di Taman Safari, pengunjung dapat menyaksikan dari dekat beragam koleksi binatang dari berbagai belahan dunia. Seperti, taman burung. Ada juga pertunjukan Wild-Wild West di atas panggung ala zaman koboi.


Sumber : Mingguan KONTAN, 27 Juni -- 3 Juli 2011
Editor: Catur Ari
Video Pilihan

TERBARU
Hasil Pemilu 2019
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0440 || diagnostic_web = 0.3480

Close [X]
×