Kempar promosikan paket Asian Games 2018 pada Natas Travel Fair Singapore

Selasa, 27 Maret 2018 | 23:25 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Kempar promosikan paket Asian Games 2018 pada Natas Travel Fair Singapore

Promosikan Paket Asian Games 2018


ASIAN GAMES -JAKARTA. Kementerian Pariwisata (Kempar) bersama pelaku bisnis pariwisata kembali berpartisipasi pada pameran pariwisata internasional National Association of Travel Agents Singapore (NATAS) Fair di Singapore Expo, pada 23-25 Maret 2018 lalu.

Pada pameran consumer show (B to C) terbesar di Singapura tersebut, Kempar menggandeng 18 exhibitor, terdiri atas 11 pelaku usaha travel agent/travel operator dan 7 usaha akomodasi dari Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Yogyakarta, Bali, dan Nusa Tenggara Barat, untuk berusaha merebut peluang dengan menawarkan paket-paket wisata unggulan destinasi masing-masing di ajang Natas Travel Fair 2018.

Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kempar) I Gde Pitana mengatakan selama dua hari pameran di Natas Travel Fair 2018, diperoleh total potensial transaksi sebanyak 334 appointment dan diperkirakan sebanyak 2.190 pax, dengan nilai keseluruhan mencapai Rp 6 miliar.

“Kita juga mengumpulkan data kuisioner dari pengunjung yang bersedia mengisi form online sebanyak 363 responden, menyatakan bahwa destinasi yang paling mereka minati adalah Kepri, Yogyakarta-Bromo-Malang, Bandung dan Bali,” kata I Gde Pitana dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Selasa (27/3).

Kempar juga mempromosikan paket wisata Asian Games 2018 kepada masyarakat di Singapura agar tertarik berkunjung ke Indonesia menyaksikan pesta olahraga terbesar se-Asia tersebut yang berlangsung di Jakarta dan Palembang.

“Beberapa paket wisata Asian Games 2018 yang telah dirancang oleh industri pariwisata juga ditawarkan, ada 151 paket wisata dengan 70% nya terkonsentrasi di tiga lokasi venue Asian Games 2018 yakni Jakarta, Jawa Barat/Banten dan Palembang", ungkap I Gde Pitana.

Natas Travel Fair 2018 diikuti 87 exhibitors lokal dan international antara lain dari China, Jepang, Eropa, Mauritius, Ethiopia, Hawai, Sri Lanka, Taiwan, Fiji, Uzbekistan, dan New Zealand. Selama 2 hari pameran pengunjung yang datang mencapai 70 ribu orang.

Singapura merupakan salah satu negara anggota ASEAN yang menjadi fokus pasar pariwisata Indonesia. Tahun 2017 jumlah wisman Singapura ke Indonesia sebanyak 1.512.813 wisman atau tumbuh 2,72% dibandingkan 2016, dengan pengeluaran mencapai US$ 157,73 per hari atau tertinggi nomor dua di Asia Tenggara dan nomor tiga di Asia setelah Brunei Darussalam (US$ 161,51) dan Sri Lanka (US$ 158,87).

Kempar tahun ini menargetkan kunjungan wisman Singapura sebanyak 1,7 juta wisman dari target nasional sebanyak 17 juta wisman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru