Sanur Village Festival diserbu wisatawan asing

Kamis, 31 Agustus 2017 | 09:01 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Sanur Village Festival diserbu wisatawan asing


TRAVEL - Sanur Village Festival (SVF) 2017 yang sejak dibuka 9 Agustus 2017 oleh Menpar Arief Yahya langsung diserbu sekitar 100 ribu wisatawan yang didominasi dari mancanegera. Selama lima hari pagelaran saja, diprediksi ada Rp 45 miliar lebih perputaran uang di sekitar Maisonette Area Inna Grand Bali Beach Bali, yang menjadi lokasi SVF.

“Dampak ekonominya sangat besar. Semua stand makanan dan minum selalu penuh. Semua orang berbelanja,” terang Ida Bagus Gede Sidharta, Ketua Panitia Sanur Village Festival.

Diperkirakan Ida Bagus, ada puluhan miliar rupiah uang yang berputar selama acara berlangsung. Maklum, selain acaranya ramai, penginapan di sekitar Sanur juga ikutan habis dipesan wisatawan. “Dalam lima hari sekitar 100 ribuan wisatawan yang datang ke SVF. Kalau satu orang mengeluarkan Rp 500 ribu saja, perputaran uangnya bisa puluhan miliar rupiah. Sekitar Rp 45 miliar,” tambahnya.

Angka Rp 500 ribu itu angka minimum dalam bisnis pariwisata, karena saat ini perhitungan wisnus itu Rp 850 ribu. “Tengok saja stand-stand yang ada. Jumlahnya 120 stand dan semua selalu full dan barang dagangan. Saat acara semua ludes. Dari mulai minuman, makanan hingga souvenir, semuanya laku keras,” tuturnya.

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuti juga seirama. Dari prediksinya, perputaran uang selama #PesonaSanurVillage begitu hastag yang diluncurkan netizen bisa lebih dahsyat lagi. Hitungan kasarnya bisa dilihat dari banyaknya turis Eropa di tengah acara.

"Banyak turis Eropa datang. Mereka happy karena SVF adalah hajatan desa selera dunia, lintas kultur dan bangsa. Pagi sampai malam, selama lima hari, pengunjung dimanjakan dengan suguhan atraksi menarik. Semakin dalam mengikuti, kian memberi sensasi pada petualangan berkunjung ke Pulau Bali,” terang Esthy dalam keterangan yang diterima KONTAN, Kamis (31/8).

Jon Clark, wisman asal Inggris mengaku sangat senang. Saat berlibur ke Bali, dia langsung disambut festival di ruang terbuka di area Maisonette Inna Grand Bali Beach. Di situ dia bisa menikmati paginya Bali, menyusuri pantai yang berkilau dengan panoramanya serta aura budaya Nusantara yang oke. “Saya sangat suka. Sanur Village Festival sangat menyenangkan,” ungkap Jon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru