Tahun depan, jaring turis asing lewat online

Rabu, 15 November 2017 | 21:49 WIB   Reporter: Maizal Walfajri
Tahun depan, jaring turis asing lewat online


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Tak hanya kalangan UMKM saja, keberadaan ekonomi digital khususnya e-commerce sangat membantu pencapaian bisnis sejumlah perusahaan di berbagai bidang. Seperti di bidang pariwisata.  

Menurut Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), target yang dicanangkan pemerintah yakni bisa menjaring sebanyak 20 juta turis mancanegara pada tahun 2019 nanti muskil terjadi tanpa bantuan ekonomi digital.

"Target itu tidak akan tercapai bila tidak menggunakan sistem online," katanya dalam keterangan tertulis yang KONTAN terima saat seminar Digital Diplomacy on Small Medium Enterprises: The New Power in the Economy, Rabu (15/11).

Ia menunjuk target turis asing tahun lalu yang sebanyak 12 juta, tapi bisa  terealisasi 11,7 juta. Juga target tahun ini sebanyak 15 juta pelancong asing, namun sudah ada beberapa kendala misalnya dampak erupsi Gunung Agung di Bali.

Ini artinya, turis asing masih berkutat di Bali saja kala berpelesir ke Indonesia. Jadi informasi destinasi non Bali belum tergarap secara optimal. Untuk itu mulai tahun depan, pemerintah siap luncurkan Visit Wonderful Indonesia 2018 secara online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon

Terbaru