HOME | Wisata | Komunitas & Hobi |

PT ANEKA TAMBANG TBK (ANTAM)

Antam bikin jogging track dari material tambang

oleh : Nisa Dwiresya Putri | Jumat, 08 September 2017 | 14:29 WIB

Antam bikin jogging track dari material tambang

KONTAN.CO.ID - PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) menyediakan fasilitas dermaga dan jogging track di kawasan Ekoriparian Ciliwung, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Fasilitas ini diresmikan oleh Dirjen PPKL Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Selain dermaga, di kawasan Ekoripatrian Ciliwung ini, ANTM juga menyediakan perahu ekoeduwisata. Adapun perahu ekoeduwisata disediakan untuk mendukung sarana dan prasarana transportasi sungai yang multifungsi. Perahu ini berkapasitas enam orang atau satu meter kubik sampah dan terbuat dari alumunium dengan penggerak motor.

Sementara itu, jogging track berasal dari hasil inovasi pemanfaatan tailing yang bernama green fine aggregat (GFA). GFA adalah material sisa proses pemisahan mineral emas dan perak dari bijih (ore) di tambang emas Pongkor.

"Kami berharap dermaga, perahu bermotor serta fasilitas jogging track yang menjadi partisipasi Antam dalam kerja sama multipihak di kawasan Ekoparian Ciliwung dapat memberikan nilai tambah bagi upaya menjaga kelestasrian lingkungan khususnya di sungai Ciliwung,” ujar Direktur Operasi ANTM, Hari Widjajanto dalam pernyataan, Jumat (8/9).

Sebelumnya, pada 15 April 2017 lalu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar telah melakukan peletakan batu pertama untuk fasilitas ini. Kini dermaga dan jogging track ANTM mulai dimanfaatkan oleh Komunitas Ekoriparian Ciliwung sebagai bagian dari upaya penguatan kelembagaan.

Sebagai informasi, Ekoriparian Ciliwung Srengseng Sawah adalah kegiatan percontohan pengembangan kawasan Ciliwung yang berlokasi di Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan.