HOME | Rendezvous |

WISATA KULINER

Bernostalgia ke era 60-an bersama Arjuna

oleh : Ghina Ghaliya Quddus | Sabtu, 02 Desember 2017 | 17:43 WIB

Bernostalgia ke era 60-an bersama Arjuna

KONTAN.CO.ID - PERNAH penasaran bagaimana rasanya masuk ke rumah tua di tengah kota? Coba saja mencari Arjuna Cafe di kawasan Jakarta Selatan. Sebuah kafe kecil akan membuat Anda serasa berada di rumah zaman dulu.

Restoran yang berlokasi di Jl Wijaya Timur Raya No 1 Petogogan, Kebayoran Baru Jakarta Selatan ini bakal membawa Anda bernostalgia ke era tahun 60-an. Posisi kafe ini persis berada di samping SD Tarakanita 2, Petogogan. Lokasinya sedikit tersembunyi dan jauh dari suara bising Jakarta, kendati letaknya tak seberapa jauh dari kawasan Sudirman Central Bussiness District (SCBD).

Interior di dalamnya memadukan gaya kolonial, peranakan dan budaya tradisional Jawa. Mulai dari tatanan interior, eksterior, pintu, jendela, hingga hiasan dinding berpadu untuk membangun kesan vintage.

Di salah satu sudut ruangan kafe Arjuna ada beberapa set kursi jengki. Ada pula meja bulat untuk para pengunjung yang ingin bersantai sambil menikmati kudapan yang tersedia. Kafe yang penuh dengan estetika vintage ini membuat Anda bisa mengambil foto-foto yang memuaskan di setiap sudut ruangan.

Yang paling unik adalah temboknya yang sengaja dibiarkan tidak selesai, sehingga memberi kesan bangunan tua yang hendak dirobohkan. Untuk mempercantik dinding, ditempel beberapa mangkok dan piring keramik hiasan khas peranakan. Ada pula jendela besar yang menghadap ke halaman depan restoran. Spot ini juga bisa Anda gunakan untuk berfoto di sore hari lantaran pencahayaan yang optimal.

Lantaran mengusung tema vintage alias jadul, menu makanan yang disediakan di kafe ini adalah menu masakan lokal. Menu ini juga membawa Anda bernostalgi. Soal rasa, masih terasa cocok dengan lidah Indonesia.

Menu utama, misalnya, ada nasi goreng, mie goreng, kari ayam, bistik Jawa, ayam bakar madu dan ayam kremes. Bila ingin kudapan, kafe Arjuna menyediakan pisang bakar, roti bakar, pisang srikaya, bakwan jagung dan tempe goreng. Harganya relatif terjangkau, yakni berkisar Rp 30.000–Rp 50.000 per porsi.

Studio foto

Selain kafe, Arjuna juga dikenal sebagai studio pertama dan satu-satunya di Jakarta yang memberikan pengalaman tempo doeloe. Kafe ini memberikan layanan bagi Anda yang mencari pengalaman pemotretan dengan nuansa budaya Indonesia di masa lalu.

Arjuna menyediakan berbagai paket pemotretan dan tim profesional, termasuk penata rias dan penata rambut. Tak hanya pemotretan pribadi, bisa juga pemotretan prewedding.

Kafe sekaligus studio ini milik makeup artist Teddy Lim. Ia mengatakan, keinginannya membuat Arjuna Caf & Photo Studio ini sebagai gerbang perjalanan ke era lampau nostalgia yang indah. "Misi saya adalah mengilhami generasi baru untuk merangkul dan mewujudkan lebih banyak akar budaya dan identitas Indonesia yang beragam," tandasnya.

Bagaimana, Anda ingin mencoba menikmati suasana tempo doeloe sambil bernostalgia dengan kudapan khas Indonesia? Atau boleh sekadar kongkow sambil numpang berswafoto di Arjuna Cafe.