Dodit Wiweko: Inspirasi kedua

Rabu, 24 September 2014 | 08:41 WIB   Reporter: Melati Amaya Dori
Dodit Wiweko: Inspirasi kedua

ILUSTRASI. 3 Cara Keluar dari Aplikasi Laptop Windows dengan Shortcut hingga Task Manager. ANTARA FOTO/Audy Alwi/ed/pd/14


Ada bankir ngefans berat pada dedengkot Apple, Steve Jobs. Dialah Dodit Wiweko Probodjakti, General Manager Product Consumer and Retail Banking Bank BNI.

Saking penasarannya dengan sang idola, Dodit membaca buku tentang rahasia Steve Jobs dua kali. Buku itu berjudul The Presentation Secret of Steve Jobs karya Carmine Gallo.

Pria kelahiran 1968 yang pernah menjadi Ketua Asosiasi Kartu Kredit Indonesia ini pertama kali membaca buku itu saat menempuh studi di Jepang, sekitar 2009 silam. Dari buku itulah, Dodit merangkum tiga poin penting tentang presentasi di depan orang banyak alias “Three of Rule.”

Inti dari tiga poin tersebut mengacu ke beberapa hal kesuksesan dalam melakukan presentasi. Pertama, memberikan contoh di sebuah presentasi sebaiknya dalam tiga poin saja.

Kedua; practice, practice, practice. Maksudnya, seorang penyaji presentasi tidak boleh lelah berlatih walau sudah terbiasa menyampaikan materi di depan orang banyak.

“Yang ketiga, presentasi harus memiliki alur yang jelas,” terang Dodit.

Sejak pertama kali membaca buku itu, Dodit mengakui kemampuan presentasinya meningkat. Bahkan, Dodit mengklaim beberapa koleganya juga berpendapat demikian. Itu sebabnya, saat kedua kali membaca buku tersebut, Dodit seperti merasa jatuh cinta lagi. “Walau kali ini saya baca untuk kepentingan penelitian saya juga,” tambah dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Catur Ari

Terbaru