HOME | Wisata |

INDUSTRI PARIWISATA

Festival Wayang digelar di Sumatera Barat

oleh : Jane Aprilyani | Senin, 13 November 2017 | 21:43 WIB

Festival Wayang digelar di Sumatera Barat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sawahlunto sukses menghadirkan atraksi wisata budaya Festival Wayang Nusantara yang digelar mulai 9 November 2017. Suguhan yang digelar sebagai bagian dari rangkaian HUT ke-129 Kota Sawahlunto itu dihadiri ribuan masyarakat yang datang silih berganti.

Pengunjung antusias menikmati suguhan seni budaya wayang, mulai dari Wayang Ajen yang dihadirkan Kementerian Pariwisata, Dalang Wayang Cilik Perempuan Kanastren Nareswara Darmanasti Kota Surakarta, serta Wayang Kulit Khas Kota Sawahlunto Wayang Mbah Soero. Serta tidak ketinggalan ragam atraksi budaya lainnya seperto Reog Gamelan, Campur Sari, Keroncong dan Kuda Kepang. Semuanya dihadirkan dengan apik di Lapangan Segitiga Kota Sawahlunto.

Event Conceptor Festival Wayang Nusantara 2017, Yogi Andika H. mengatakan, festival ini juga menjadi salah satu bagian dalam mewujudkan Kota Sawahlunto sebagai kota tujuan utama pariwisata di Sumatera Barat.

"Juga untuk mengapresiasi penetapan kesenian wayang asli Indonesia sebagai warisan budaya dunia yang tak ternilai dan seni bertutur oleh UNESCO," ujar Yogi.

Lebih lanjut Deputi Bidang Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti menjelaskan, masyarakat di Kota Sawahlunto dikenal dengan ragam etnis. Sehingga ke depan, acara-acara budaya seperti ini perlu terus ditampilkan. Selain sebagai atraksi wisata budaya, acara ini juga untuk melestarikan seni budaya di Kota Sawahlunto.

"Sehingga dapat menjadi atraksi wisata budaya sekaligus meningkatkan rasa nasionalisme dan alat perekat bangsa," ujar Esthy Reko Astuti dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Senin (13/11).

Sementara Wali Kota Sawahlunto Ali Yusuf mengatakan, Festival Wayang Nusantara yang sudah memasuki tahun ke-5 penyelenggaraan ini merupakan upaya dari Pemkot menjadikan budaya sebagai kekuatan untuk mempromosikan Sawahlunto sebagai kota wisata.

"Dengan demikian orang berwisata bisa dihibur dengan aneka budaya yang ada di kota ini yang memberikan inspirasi tersendiri dalam upaya kita melestarikan nilai-nilai luhur budaya bangsa yang ada di kota ini," ujar Ali Yusuf.