HOME | Komunitas & Hobi |

GOOGLE

Google mulai program pelatihan UKM di 10 kota

oleh : Danielisa Putriadita | Selasa, 16 Mei 2017 | 06:11 WIB

Google mulai program pelatihan UKM di 10 kota

JAKARTA. Google meresmikan dimulainya pelatihan digital gratis bagi UKM di 10 kota Indonesia, Senin (15/5) di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan. Pelatihan ini merupakan bagian dari program Gapura Digital yang Google luncurkan pada 2014.

Gapura digital merupakan program nasional bagi UKM Indonesia untuk mengembangkan pengetahuan dan mendapatkan pelatihan praktis seputar dunia digital.

Kegiatan Gapura Digital di 2017 akan dimulai dengan mengadakan kelas pelatihan pertama pada Mei di Jakarta, Bandung dan Surabaya. Sementara kelas selanjutnya akan diadakan di Semarang, Malang, Yogyakarta, Denpasar, Makassar, Pontianak, dan Medan.

Google langsung menjadikan Jakarta sebagai kelas pelatihan digital yang pertama. Google yang juga turut mengundang pelaku UKM Indonesia dalam acara pengumuman dimulainya Gapura Digital ini, mengadakan kelas pelatihan Gapura Digital dengan tema “Paduan Anda ke Dunia Digital”.

Bagi pelaku usaha yang tertarik untuk mengikuti beragam kelas yang Google adakan, bisa langsung mendaftar di g.co/gapuradigital. Pelatihan diadakan tanpa dipungut biaya.

Veronica Utami Head of Marketing Google Indonesia mengatakan melalui pelatihan ini masyarakat bisa mempelajari beragam informasi dalam memanfaatkan internet untuk memasarkan bisnis. Di antaranya materi yang akan Google ajarkan seperti petunjuk memasarkan bisnis di YouTube, tips terkait SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing), dan petunjuk menggunakan produk dari Google.

Melalui produk Google bernama Google Bisnisku UKM bisa semakin mengoptimalkan bisnis hingga bisa diakses di semua perangkat secara cepat. Bagi UKM yang mendaftarkan bisnis mereka di Google Bisnisku, para pemilik usaha dapat dengan mudah membuat situs yang terlihat professional.

Pelaku usaha bisa mencantumkan informasi lebih banyak tentang bisnis mereka seperti informasi lokasi toko yang langsung terkoneksi dengan Google Maps, cara membuat janji, memesan meja, atau mendaftar untuk menerima newsletter.

Google melihat dengan lebih dari 55 juta UKM yang berkontribusi pada 60% GDP dan hampir 97% lapangan kerja di Indonesia, sektor perekonomian ini jelas memiliki potensi yang besar. Google berharap program Gapura Digital dapat membantu semakin mempercepat peningkatan ekonomi Indonesia dengan cara memastikan UKM memiliki kesempatan berkembang di lingkungan bisnis yang mengarah ke dunia digital.

Google berkomitmen dalam membantu UKM untuk membawa usaha mereka ke ranah digital,” kata Tony Keusgen, Managing Director Google Indonesia.

Dalam acara ini juga hadir Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara yang mengapresiasi kegiatan Google dalam upaya meningkatkan aktivitas perekonomian Indonesia melalui UKM. Hal ini sejalan dengan fokus pemerintah untuk mengembangkan usaha mikro , kecil dan menengah untuk berkontribusi pada perekonomian nasional.

“Dari Menkominfo akan bantu mendorong UKM untuk menggunakan teknologi digital dengan membangun jaringan telekomunikasi yang bisa diakses diseluruh tempat di Indonesia. Kami berharap Google tidak hanya fokus pada 10 kota, seiring dengan perkembangan telekomunikasi di Indonesia, baiknya Google juga melakukan pelatihan di kota-kota terpencil yang memiliki potensi bisnis,” ujar Rudiantara.