Horas Samosir Fiesta 2018 Luncurkan 12 Event

Minggu, 18 Februari 2018 | 22:04 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Horas Samosir Fiesta 2018 Luncurkan 12 Event

ILUSTRASI. Horas Samosir Fiesta 2018


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Calendar of Event Horas Samosir Fiesta 2018 diluncurkan. Sebanyak 12 event disiapkan untuk menarik wisatawan ke pulau yang berada di tengah Danau Toba ini. Tiga di antaranya bertaraf internasional.

Horas Samosir Fiesta 2018 terdiri dari festival musik, budaya, dan sport tourism. Event-event ini dipastikan berlangsung seru. Terlebih, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, berada di tengah-tengah Danau Toba.

"Dari 12 kegiatan itu, tiga diantaranya menjadi unggulan yang diharapkan mampu mendatangkan ribuan wisman ke Pulau Samosir," kata Bupati Samosir, Rapidin Simbolon dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Minggu (18/2).

Tiga event unggulan yang ditawarkan adalah Samosir Music International, Gran Fondo New York (GNFY) Championship Asia, dan Samosir Lake Toba Ultra Marathon.

"Tahun lalu, ketiga event itu didatangi ribuan wisatawan mancanegara. Oleh karena itu, kami optimis dan mempersiapkan lebih matang, baik dalam hal infrastruktur, maupun persiapan lainnya," ujarnya.

Bupati Samosir itu pede ke-12 event pariwisata yang diluncurkan akan sukses. Sebab, tahun 2017 sektor pariwisata turut mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Samosir.

"Realisasi PAD tahun 2017 meningkat 81% dibandingkan tahun sebelumnya. PAD yang awalnya Rp 39 miliar, meningkat menjadi Rp 71 miliar pertahun. 55% diantaranya berasal dari sektor pariwisata," ujar Bupati Rapidin.

Rapidin optimis berbagai event internasional yang digelar akan sukses. Dirinya siap menampung 1.300 wisman, contohnya pada saat GNFY.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru