Inilah fitur canggih terbaru dari Ford Focus!

Selasa, 27 Maret 2012 | 20:24 WIB   Reporter: Hendra Gunawan
Inilah fitur canggih terbaru dari Ford Focus!

ILUSTRASI. BoxZoo punya beragam hewan jinak yang aman bila diajak bermain oleh anak-anak. Dok: Instagram?BoxZoo


BANGKOK. All New Ford Focus yang diluncurkan di Bangkok Motor Show, Selasa (27/3), tidak hanya sekedar facelift semata. Banyak fitur anyar yang ditanamkan pada mobil yang rencananya akan dipasarkan di Indonesia mulai kuartal terakhir 2012 ini.

Pertama, teknologi Ford SYNC® yang merupakan konektivitas hands-free dalam mobil yang diaktifkan melalui suara. Fitur ini membuat pengendaranya bisa menerima dan melakukan panggilan telepon ataupun memutar musik favorit dengan perintah suara. Dengan teknologi ini, pengendara tetap fokus memperhatikan jalan di depan, dan tangan tetap berada di setir kemudi.

Fitur lainnya, Active Park Assist. Cukup dengan menekan tombol, pengendara All-New Focus dapat melakukan parkir paralel dengan mudah, dan benar-benar tanpa campur tangan pengendara alias bisa parkir sendiri. Sistem pintar ini menggunakan sensor di sekeliling mobil yang dapat mengidentifikasi tempat parkir yang memungkinkan, dan mengendalikan mobil ke area tersebut. Pengendara cukup mengendalikan gas, rem dan roda gigi tanpa harus memegang setir.

Kemudian, ada fitur Active City Stop. Di mana fitur ini dapat mencegah tabrakan dengan menggunakan sensor yang memonitor lalu lintas stasioner yang ada di depan mobil. Jika ada mobil di depan yang mengerem mendadak, maka secara otomatis sensor Active City Stop akan mendeteksi mobil tersebut dan ikut berhenti secara mendadak pula.

Fitur berikutnya, Blind Spot Information System (BLIS). Ketika pengendara memasuki blind spot maka lampu pada spion All-New Focus, akan muncul warna orange sebagai tanda peringatan. Demikian pula saat mundur keluar dari tempat parkir, dengan daya pandang terbatas, BLIS bisa membantu supir dengan memperingatkan jika ada pengendara lain yang melintas.

Selain itu juga ada fitur Smart Keyless Entry. Fitur ini memudahkan pengguna All-New Focus mengunci atau membuka pintu pengendara tanpa harus mengeluarkan kunci dari tas atau saku. Sensor di sekeliling mobil mendeteksi adanya kunci lalu mengunci atau membuka pintu saat pengendara menarik pegangan pintu.

Begitupun, fitur Ford Power Start. Mesin dapat dinyalakan hanya dengan menekan tombol Ford Power Start sambil menginjak kopling (atau pedal rem pada transmisi otomatis). Tanpa perlu memasukkan kunci, mesin All-New Focus bisa dihidupkan selama kunci berada di dalam kabin.

All-New Ford Focus juga menyematkan teknologi bernama Sistem Electronic Stability Program yang merupakan fitur keselamatan aktif untuk memonitor kendaraan dan menerapkan intervensi efektif saat diperlukan. Sistem ini menggunakan Emergency Brake Assist, Hill Launch Assist dan Anti-Lock Brake System yang mencakup Electronic Brakeforce Distribution. Dengan adanya teknologi ini dapat membantu pengendara dalam mengendalikan kendaraan ketika ingin menghindari kecelakaan yang ada di depan, atau masalah lainnya di jalan raya.

Rancangan sasis mobil ini juga dilengkapi dengan sistem electric power-assisted steering (EPAS) baru yang telah disesuaikan untuk menghasilkan respons presisi pada kecepatan tinggi sekaligus tetap ringan dan mudah dikendalikan pada kecepatan rendah agar mudah diparkirkan.

Para teknisi Ford turut meningkatkan kestabilan Focus saat menikung melalui sistem Torque Vectoring Control sebagai perlengkapan standar. Sistem ini bertindak seperti limited-slip differential yang secara konstan menyeimbangkan distribusi torsi di antara dua roda depan penggerak dan menghasilkan pengurangan understeer, peningkatan traksi dan perbaikan menikung.

“Teknologi ini biasanya hanya ada pada kendaraan sports premium , tapi kami adopsi untuk mobil segmen C seperti Focus ini,” ujar Peter Fleet President Ford ASEAN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru