HOME | Rendezvous | Komunitas & Hobi |

EVENT LARI

Mandiri Jakarta Marathon kembali digelar

oleh : Jane Aprilyani | Kamis, 19 Oktober 2017 | 22:10 WIB

Mandiri Jakarta Marathon kembali digelar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ajang lari terbesar di Indonesia, Mandiri Jakarta Marathon (MJM) 2017 kembali akan digelar pada hari Minggu, 29 Oktober 2017 oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama promotor Inspiro.

Sebanyak 16.000 pelari telah terdaftar sebagai peserta, bahkan lebih dari 1.585 adalah pelari asing yang datang dari 50 negara. Ajang lomba dengan total hadiah Rp 774 juta ini sangat berpotensi mendongkrak kunjungan wisatawan dan menjadi penggerak ekonomi sekaligus melejitkan pamor Jakarta sebagai destinasi “sport tourism” kelas dunia.

Memasuki penyelenggaraan tahun ke-5, beberapa hal baru diperkenalkan dan inovasi olahraga marathon terus dilakukan. Penyempurnaan dan pembenahan infrastruktur guna menempatkan Jakarta di jajaran kota marathon kelas dunia terus dilakukan, antara lain program live streaming full marathon 42,195 km.

Tayangan live streaming dimaksudkan agar masyarakat pecinta olah raga marathon dapat mengikuti dan menikmati sensasi serunya kegiatan MJM 2017 secara real time dan ditayangkan ke seluruh pelosok nusantara bahkan dunia.

Terobosan yang pertama kali dilakukan di Indonesia ini menggandeng kerja sama dengan MNC Sport dan XL axiata. Melalui Virtual Run, bagi para pecinta marathon yang tidak dapat hadir di MJM 2017 dapat juga berlomba di wilayah daerah masing-masing dan mendapatkan amenities yang berlaku dengan menggunakan teknologi Virtual Run Mobile Apps.

Masih mengambil lokasi start dan finish di Monas, Mandiri Jakarta Marathon 2017 akan melombakan 5 (lima) nomor lari, yaitu;

• Marathon dengan jarak tempuh 42,195 KM, flag off start pada pkl. 05:00 WIB

• Half Marathon dengan jarak tempuh 21 KM, flag off start pada pkl. 05:10 WIB

• 10K dengan jarak tempuh 10 KM, flag off start pada pkl. 05:25 WIB

• 5K dengan jarak tempuh 5 KM, flag off start pada pkl. 05:40 WIB

• Maratoonz (Children’s Sprint), flag off start pada pkl. 08:00 WIB.

Rute Mandiri Jakarta Marathon tahun ini sama dengan tahun sebelumnya. Menonjolkan keindahan landmark-landmark ikonik kota Jakarta seperti Kawasan Kota Tua, Fatahillah Square, Gereja Katedral, Masjid Istiqlal, Monas, dan Bundaran Hotel Indonesia.

Rute lomba yang akan dilewati oleh para peserta Mandiri Jakarta Marathon 2017 pun telah melalui proses kalibrasi dan telah memperoleh sertifikat dari Association of International Marathon and Distance Races (AIMS) dan International Association of Athletics Federations (IAAF) dengan nilai grade A dan tingkat elevasi rute 0 m/km.

Tahun ini, Mandiri Jakarta Marathon akan mengusung tema “Never Give Up”. Sapta Nirwandar, selaku Chairman Jakarta Marathon berharap, melalui tema tersebut Mandiri Jakarta Marathon 2017 dapat semakin menyulut semangat para runners Indonesia dan dunia untuk berlomba dengan semangat pantang menyerah.

"Mandiri Jakarta Marathon telah mampu memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian Jakarta. Setidaknya, dalam setiap perhelatan Mandiri Jakarta Marathon selalu terjadi peningkatan hunian kamar hotel. Selain itu, Mandiri Jakarta Marathon juga memiliki dampak signifikan pada laju perekonomian masyarakat Jakarta, terutama pada sektor transportasi dan kuliner," ucapnya dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Kamis (19/10).

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengakui, Mandiri Jakarta Marathon terbukti mampu menghadirkan ribuan pelari mancanegara. Cara ini merupakan salah satu agenda utama kegiatan wisata olah raga di Indonesia yang membawa dampak positif bagi pembangunan pariwisata Ibukota, sekaligus mendukung target Kementerian Pariwisata menjaring 15 juta wisatawan mancanegara dan 265 juta pergerakan wisatawan domestik masuk ke Indonesia di tahun 2017 ini.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan bahwa Bank Mandiri merasa bangga dapat terus bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan promotor Inspiro untuk terus menjadikan MJM menjadi ajang lomba lari terbaik dan terbesar di Indonesia.

“Kehadiran kami untuk kali kelima di dalam Mandiri Jakarta Marathon merupakan wujud nyata dukungan kami untuk peningkatan kesadaran pola hidup sehat bagi warga Jakarta dan sekitarnya agar rutin berolahraga demi peningkatan kualitas hidup," sebut Rohan.