Mau mudik? Ini perlengkapan wajib mobil!

Senin, 06 Juli 2015 | 09:56 WIB Sumber: Kompas.com
Mau mudik? Ini perlengkapan wajib mobil!


JAKARTA. Bagi para pemudik yang memanfaatkan mobil pribadi, kondisi kendaraan mutlak dipersiapkan. Tapi, selain kondisi kendaraan yang prima, masih ada beberapa hal penting yang tidak boleh dilupakan, diabaikan, atau disepelekan dalam menempuh perjalanan jauh.

Peralatan standar dalam kendaraan acap kali diabaikan. Kondisi ini biasanya terjadi karena pemilik lebih konsentrasi pada servis kendaraan, serta mempersiapkan barang-barang bawaan pribadi, sehingga tak menghiraukan tool bawaan mobil.

"Bisanya orang lupa dengan perlengkapan standar di mobil, kebanyakan dari mereka terlalu mengandalkan servis ringan. Minimal ada peralatan standar di mobil seperti dongkrak, kunci ban, segitiga pengaman, P3K, obeng, dan lain-lainya, ini wajib tidak boleh keluar dari mobil," ucap Bintarto Agung, President Director Indonesia Defensive Driving Center (IDDC) kepada Otomania, akhir Juni lalu.

Untuk menghindari penyakit lupa, Bintarto menganjurkan agar pengemudi melakukan pengecekan beberapa hari sebelum berangkat mudik. Selain perlengkapan, pengecekan juga bisa ditambah dengan memperhatikan kondisi ban cadangan karena perlengkapan ini sangat mutlak dibutuhkan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sepanjang perjalanan.

"Selain hal tadi, wajib juga ditambahkan beberapa hal seperti, cadangan sekring, jumper, senter, dan lap (Kanebo). Bagi yang punya gadget atau smart phone, charger juga wajib disiapkan supaya komunikasi tetap lancar," ujar Bintarto, menjelaskan. (Stanly Ravel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru