Nikmatnya racikan nasi uduk besutan Koh Seng

Jumat, 10 April 2015 | 10:10 WIB   Reporter: Surtan PH Siahaan
Nikmatnya racikan nasi uduk besutan Koh Seng

ILUSTRASI. Kilang penampungan bahan bakar minyak untuk indusrti milik PT AKR Corporindo Tbk di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Jatim/Pho Carel AGus Waluyo/01/10/05/KONTAN/Difle oleg Carel.


Umumnya nama kedai nasi uduk menggunakan nama sang pemilik yang orang Betawi asli. Maklum, nasi uduk, kan, kuliner khas Betawi. Sebut saja Nasi Uduk Sederhana Babe H. Saman, Nasi Uduk Kebon Kacang Hj Ellya, dan Nasi Uduk Zainal Fanani.

Tapi, di daerah Jakarta Kota, ada kedai nasi uduk yang mengusung nama Tionghoa. Namanya adalah: Nasi Uduk Koseng. Kata Koseng sendiri berasal dari pelafalan masyarakat sekitar untuk Koh Seng, sang pemilik kedai.

Meski penjualnya keturunan Tionghoa, rasa masakannya justru sangat Betawi, sudah begitu enak lagi. Malah, beberapa masakan betawi yang sudah jarang nongol, seperti pindang bandeng dan semur urat, bisa Anda temukan di kedai ini.

Letak kedainya di Jalan Gajah Mada Nomor 217, Jakarta Barat, sekitar 200 meter sebelum Glodok Plaza. Patokan lain, kedai yang berdiri tahun 1960-an silam ini berada persis di depan jalan masuk ke Kelenteng Petak Sembilan yang belum lama ini terbakar.

Nasi Uduk Koseng hanya berupa warung tenda sederhana. Di kedai ini cuma ada dua meja panjang dan empat meja kecil dengan kursi berkapasitas total sekitar 30 pengunjung.

Penggemar masakan Koseng pun sangat fanatik. Sebagai bukti, pelanggan semasa Koseng masih hidup pun masih sering singgah untuk makan di kedai ini. Jadi, jangan heran jika Anda bertemu dengan banyak opa dan oma yang sedang makan di kedai tersebut.

Dan, menu pendamping nasi uduk di kedai ini juga tergolong lengkap dan banyak. Selain pindang bandeng dan semur urat yang menjadi andalan, Anda bisa mengganyang lauk yang digoreng, seperti paru, babat, empal, ayam, tahu, dan tempe. Ada juga pepes ikan teri medan dan pepes tahu. Untuk sayur, andalan kedai itu adalah sayur asem, lodeh, serta sup.

Hanya saja, Wekin, menantu Koseng yang kini mengelola kedai, tidak menjamin masakannya selalu lengkap hingga jam buka kedai berakhir. Seringkali, sajian di kedai yang buka mulai jam enam petang hingga sebelas malam ini sudah ludes pada pukul 21.00.

Jadi, sekadar saran, jika ingin menunya masih lengkap, Anda wajib tiba di kedai ini sebelum jam delapan malam. Terlebih, masakan andalan seperti pindang bandeng hanya tersedia sekitar 20 ekor per hari.

Begitu dapat tempat duduk, jangan basa-basi, segera pesan makanan gacoan kedai ini: nasi uduk dengan pindang bandeng dan semur urat. Khusus untuk pindang bandeng, jangan ragu pesan bagian kepalanya. Sementara lauk pesanan disiapkan, sepiring nasi uduk yang masih mengepul dengan taburan bawang goreng yang lumayan banyak sudah nangkring di meja. Bau nasi uduk nan wangi langsung menyapa. Kalau dilihat lebih teliti, bulir nasinya terpisah satu sama lain dan berwarna agak butek.

Sejurus kemudian, pindang bandeng dan semur urat datang. Untuk pindang bandeng, tampangnya saja sudah cukup menggiurkan. Bagian kepala sampai badan bandeng seukuran dua kepal tangan orang dewasa tergolek di dasar mangkok besar. Kelirnya keperakan dan dagingnya terlihat tebal. Kuah pindangnya berwarna hitam, agak kental dengan cabai merah rebus yang mengambang.

Lain lagi dengan kuah semur urat yang berwarna kecokelatan. Beberapa potongan urat sapi sebesar kuku jempol orang dewasa berendam di dalam kuah semur. Bawang goreng ditabur di atas kuah sebagai topping.


Santan asli dan segar

Sebelum menyantapnya, pilih dulu sambal untuk pelengkap. Di atas meja makan sudah tersedia dua jenis sambal: sambal cabai bawang dan sambal kacang. Setelah itu, sesendok nasi uduk mendarat di mulut. Rasanya gurih dan legit. Saat dikunyah, nasi terasa renyah dengan aroma santan yang wanginya tajam. Bawang goreng yang cukup banyak membuat sensasi menyantap nasi kian seru. Rasanya kriuk-kriuk, legit.

Nasi uduk besutan Koseng yang gurih makin mantap disantap bareng sambal kacangnya yang legendaris. Rasa sambal berwarna cokelat muda ini lumayan nonjok pedasnya. Sensasi butiran kacang goreng yang digiling agak kasar juga sukses membuat sesi menyantap nasi uduk semakin seru.

Mumpung lidah masih keenakan, hirup dulu sesendok kuah pindang bandeng. Warnanya yang hitam memang menunjukkan sifat garang kuah ini. Teksturnya tebal dan kental, sedang rasanya perpaduan manis, asam, juga pedas yang galak di tenggorokan. Lalu, koyak daging bandeng. Comot daging berwarna putih dan tebal. Dagingnya pulen lagi empuk.

Sebelum perut benar-benar penuh, semur urat juga harus ditandaskan tak bersisa. Teksturnya unik. Urat sapinya terasa empuk dan kenyal. Rasa kuahnya, sih, cenderung manis namun kaya akan rempah. Alhasil, cocok sama nasi uduk yang dominan gurih.

Tak heran, nasi uduk buatan Koseng memikat banyak pelanggan hingga turun-temurun. Contoh, Heny dan keluarganya sudah 20 tahun menjadi pelanggan Nasi Uduk Koseng. Meski tidak sesering dulu karena pindah ke Bandung, ia selalu mampir ke kedai ini jika sedang ada di Jakarta. Biasanya saya pesan dulu pindang kepala bandengnya, ujarnya. Bagi dia, selain rasanya yang sedap, dengan makan di kedai tersebut bisa sekaligus bernostalgia mengenang masa kecil dulu.

Wekin mengatakan, rempah-rempah merupakan kunci kelezatan nasi uduknya. Agar punya rasa gurih yang nendang, ia menggunakan santan asli dan segar. Saya menambahkan sereh secukupnya agar bau nasi makin harum, katanya.

Khusus untuk pindang bandeng, Wekin punya resep jitu yang merupakan warisan turun- temurun keluarga mertuanya. Menurutnya, pindang bandeng baru terasa enak kalau ikan tidak berbau amis. Sayang, di sekitar Jakarta pasokan bandeng kebanyakan berasal dari pantai utara Jawa yang baunya amis. Nah, untuk menghilangkan bau tersebut, ia memakai jahe dan serai sebelum mencampur kuah pindang dengan kecap. Sebab, jika kecap lebih dahulu yang masuk, biasanya baunya akan lebih amis.

Meski rasanya jempolan, harga sajian di kedai ini tidak mahal, kok. Harga sepiring nasi uduk Rp 7.000. Seporsi pindang bandeng, banderol harganya Rp 20.000Rp 22.000 tergantung dari ukuran. Sementara harga semur urat Rp 25.000 per porsi. Untuk penawar dahaga, tersedia es teh manis seharga Rp 5.000 segelas.

 

Nasi Uduk Koseng
Jl. Gadjah Mada No. 217 Mangga Besar, Jakarta Barat
HP: 0818652125
Koordinat GPS:
S6014.4274 - E106081.5074

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Adi

Terbaru