Penggemar DC Comics Mempetisi Rotten Tomatoes

Rabu, 03 Agustus 2016 | 16:52 WIB   Reporter: Harris Hadinata
Penggemar DC Comics Mempetisi Rotten Tomatoes


JAKARTA. Anda penggemar superhero seperti Superman, Batman, The Flash atau Wonder Woman? Mungkin Anda termasuk orang yang sudah tidak sabar menunggu penayangan Suicide Squad di bioskop dalam negeri.

Di balik heboh penayangan film yang masuk ke dalam DC Extended Universe (DCEU), sebutan untuk franchise film tokoh superhero besutan DC Comics di layar lebar, ada kabar kisruh. Seorang penggemar berat komik superhero DC mempetisi Rotten Tomatoes, sebuah situs informasi film. Situs ini juga kerap menjadi rujukan bagi orang yang ingin mengetahui kualitas dari sebuah film.

Nah, penggemar komik DC tadi, yang menggunakan nama Abdullah Coldwater, memulai petisi untuk menutup Rotten Tomatoes dengan alasan situs tersebut selalu memberi peringkat buruk untuk film-film yang masuk dalam DCEU. "Kami ingin situs ini ditutup karena kritikus mereka selalu memberi film-film DC Extended Universe ulasan buruk dan tidak adil," tulis Coldwater dalam petisinya.

Sampai berita ini ditulis, petisi tersebut telah memperoleh 8.224 pendukung.

Sejatinya, Rotten Tomatoes tidak membuat penilaian sendiri dalam memberi rating pada sebuah film. Situs tersebut merangkum ulasan dari banyak kritikus film. Pendapat para kritikus tersebut lantas dihitung, dan hasil perhitungannya ditunjukkan dalam indikator bernama Tomatometer. Jadi, bila semakin banyak kritikus yang memberi ulasan buruk, maka rating film akan makin rendah.

Nah, Rotten Tomatoes hanya memberi 36% rating positif untuk film Suicide Squad. Rating tersebut dibuat berdasarkan 64 ulasan kritikus. Sebelumnya, Rotten Tomatoes juga memberi rating Batman v Superman: Dawn of Justice 27% rating positif berdasarkan 344 ulasan kritikus.

Rating ini biasanya bakal berpengaruh ke lama penayangan suatu film, atau istilah bekennya legs. Bila film tersebut memperoleh ulasan buruk, maka legs film tersebut akan menjadi pendek.

Sebelumnya, Warner Bros, produsen Suicide Squad, memprediksi film yang dibintangi Will Smith dan Margot Robbie ini bakal memperoleh US$ 125 juta pada pekan pertama penayangan. Analis film masih meyakini prediksi tersebut. Cuma, lantaran legs bakal pendek, proyeksi pendapatan akhir diperkirakan tidak akan sebesar perkiraan awal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Harris Hadinata

Terbaru