HOME | Belanja |

USAHA IKM

Pesta Wirausaha Nasional 2017 digelar

oleh : Danielisa Putriadita | Selasa, 09 Mei 2017 | 22:11 WIB

Pesta Wirausaha Nasional 2017 digelar

JAKARTA. Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Center menggelar Pesta Wirausaha Nasional 2017 demi mendorong pengembangan bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM). Acara berlangsung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) mulai tanggal 9 sampai 11 Mei ini dengan menghadirkan 1700 booth produk dan jasa serta 31 booth kuliner.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram mengatakan kegiatan ini bisa menjadi bahan evaluasi bagi para Wirausahawan untuk semakin membuat bisnis berkembang.

Agus mengapreasasi tema pada PWN 2017, yaitu UKMorfosis dinilai tepat menjawab kebutuhan para Wirausahawan yang ingin bisnisnya naik ke skala yang lebih tinggi.

Tantangan bisnis di era informasi ini adalah para wirausawahan harus membekali diri dengan pengetahuan yang selalau diperbaharui serta memanfaatkan keterbukaan informasi, teknologi, dan infrastruktur.

"Bisnis sekarang masuk di era informasi, kalau dulu masi era revolusi industri, karena eranya sudah berubah maka, bisnis juga harus bermetamofosis berubah menjadi sekamin baik dan berkembang," kata Agus, Selasa (9/5).

Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM siap memotivasi para Wirausahawan dengan berbagai program kebijakan seperti pelatihan di berbagai bidang maupun pendanaan permodalan usaha yang semakin mudah diakses.

"Bagi pengusaha yang mengimpor bahan baku produksi yang diekspor akan dibebaskan dari biaya masuk," kata Agus menerangkan salah satu kemudahan pendanaan bagi Wirausahawan.

Presiden TDA Mustofa Romdloni mengatakan UKM harus bermetamofosis dengan menaikkan skala bisnis dari mikro ke kecil, kecil ke menengah, dan dari menengah menjadi besar atau global. Bisnis yang bermetamofosis bisa dilakukan dengan berinovasi pada cara-cara baru baik dalam prodoksi maupun sistem managerial bisnis.

Tiga hal penting yang mendukung bisnis bermetamofosis adalah dengan mendisrupi model bisnis lama, melakukan kolaborasi agar bisnis berkembang lebih cepat, dan memanfaatkan era sharing economy sehingga menciptakan UKM yang lebih cerdas.

Berbagai pelatihan pun dilaksanakan melalui kelas-kelas teknis atau praktik agar peserta bisa merasakan manfaat nyata dari kegiatan ini. Ada 13 sub acara, diantaranya Inspirational Stage, Digital Class, Tutorial Class, Technical Class, Business Clinic, Meet The Investor, TDA For Education serta Entrepreneur Summit.