4 Kerjasama Danone Indonesia dan MPKU PP Muhammadiyah Bidang Kesehatan & Pemberdayaan

Rabu, 19 Oktober 2022 | 20:17 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
4 Kerjasama Danone Indonesia dan MPKU PP Muhammadiyah Bidang Kesehatan & Pemberdayaan

ILUSTRASI. Penandatangan nota kesepahaman dengan Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan Pusat Muhammadiyahyang ditandatangani oleh Vera Galuh Sugijanto, VP General Secretary Danone Indonesia dan Dr. H. Mohammad Agus Samsudin, MM, Ketua MPKU PP Muhammadiyah


KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  PT Danone Indonesia menjalin kerjasama dengan Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Adapun hal yang tertuang di MoU antara Danone Indonesia dan Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan Pusat Muhammadiyah adalah:

Pertama, peningkatan edukasi kesehatan masyarakat melalui keterlibatan dalam upaya peningkatan kesadaran akan pencegahan dan intervensi tentang stunting dan gizi seimbang hingga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)

Kedua, peningkatan akses air bersih dan sanitasi di sekolah dan pesantren Muhammadiyah.

Ketiga, pengembangan produk dan kredit mikro untuk sektor air dan sanitasi bersama Lembaga Keuangan (LK) Muhammadiyah.

Keempat, peningkatan kapasitas usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berbasis produk sehat melalui edukasi, inkubasi bisnis dan akses pelayanan bisnis, hingga kesehatan lingkungan melalui edukasi pengelolaan sampah dan proses pengelolaan dan pengumpulan sampah di lingkungan Muhammadiyah.

Baca Juga: Dukung Edukasi Kesehatan Masyarakat, Danone dan AMSI Gelar Program Cyber Media Forum

Kesepakatan kerasama ini dituangkan dalam nota kesepahaman antara PT Danone Indonesia dengan PP Muhammadiyah. Penandatanganan kesepakatan diwakili oleh Vera Galuh Sugijanto, VP General Secretary Danone Indonesia dan Ketua MPKU PP Muhammadiyah Mohammad Agus Samsudin.

Vera menyebut seluruh program kerjasama sejalan dengan inisiatif Danone Indonesia dalam menyehatkan masyarakat dan menjaga lingkungan.

“Semoga Nota Kesepahaman ini, dapat ditindaklanjuti dengan kerjasama yang lebih konkrit dimana kami dapat menyasar ada beberapa aspek kesehatan masyarakat yang penting diantaranya edukasi dan intervensi nutrisi, akses bersih, PBHS, dan pengelolaan lingkungan serta kesejahteraan masyarakat.” tutur Vera.

Kesehatan masyarakat memiliki peran penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pembangunan.
 
Selain itupenandatangan nota kesepahaman antara Danone Indonesia dengan MPKU PP Muhammadiyah ini merupakan sebuah upaya membangun kesehatan nasional melalui sinergi dan kolaborasi antara pihak swasta maupun organisasi kemasyarakatan.

Menurut Vera, sebagai perusahaan yang bergerak pada hidrasi dan nutrisi berkomitmen memastikan kualitas kesehatan masyarakat, kami berkomitmen untuk memberikan dampak positif pada lingkungan serta kesehatan masyarakat.

Misalnya dalam beberapa kegiatan seperti upaya edukasi dan intervensi pentingnya gizi seimbang, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan bertanggung jawab terhadap lingkungan. "Hal ini sesuai dengan visi Danone yaitu One Planet One Health, bahwa Kesehatan manusia dan Lingkungan merupakan hal yang saling berkaitan," ujar Vera dalam keterangan yang diterima KONTAN, Rabu (19/10).

Baca Juga: PLTS Atap Danone-AQUA Mambal Resmi Diluncurkan

Sementara menurut Agus Samsudin bagi Muhammadiyah kerjasama ini merupakan bentuk inklusivitas agar persyarikatan tertua di Indonesia ini bisa lebih banyak membantu masyarakat secara luas.

"Saya juga melihat, kita mempunyai kesempatan yang cukup luas untuk melakukan berbagai hal yang dapat menyasar masyarakat. Saya berharap setelah ini ada program yang lebih konkrit yang akan kita jalankan bersama dan dapat membawa manfaat bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan," ungkapnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Jane Aprilyani

Terbaru