4 trik memaksimalkan penggunaan Google Classroom, cocok buat guru

Sabtu, 08 Agustus 2020 | 09:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 trik memaksimalkan penggunaan Google Classroom, cocok buat guru


TEKNOLOGI - JAKARTA. Pada 2014, Google meluncurkan layanannya bernama Google Classroom. Saat pandemi virus corona, aplikasi Google Classroom sangat membantu proses belajar mengajar.

Maklum, selama pandemi virus corona, kegiatan belajar mengajar yang biasanya berlangsung di sekolah, sekarang jarak jauh, dari rumah siswa masing-masing.

Google Classroom menjadi salah satu sarana guru dan murid bertemu secara virtual. Pertanyaan yang murid ajukan dan tugas yang harus mereka selesaikan bisa siswa lakukan dengan aplikasi tersebut. 

Aplikasi Google Classroom semakin nyaman untuk guru dan siswa gunakan karena langsung terhubung dengan layanan Google yang lain. Misalnya,  Google Form, Google Drive, Google Docs, Gmail, Google Claendar.

Bukan cuma itu, Google Classroom memudahkan pengajar dan murid untuk menyelesaikan tugasnya masing-masing. Untuk itu, perlu beberapa trik agar aplikasi ini bisa Anda gunakan secara maksimal.

Baca Juga: Cara menggunakan Google Meet ternyata gampang banget, lo

Melansir Guiding Tech, berikut beberapa trik yang meliputi penjadwalan tugas, menggunakan kalender yang berbeda untuk tiap kelas, memberikan materi tambahan, dan membuat diskusi grup:

Penjadwalan tugas

Trik Google Classroom yang pertama adalah mengatur penjadwalan tugas sehingga pekerjaan Anda menjadi lebih mudah. Dalam mengatur penjadwalan tugas dalam aplikasi ini, Anda bisa menambahkan perincian, nilai, dan mempublikasikan tugas sesuai tanggal yang diinginkan.

Pakai kalender yang berbeda

Anda juga bisa mengatur kalender di kelas-kelas yang berbeda. Caranya, Anda bisa masuk ke kelas yang diinginkan lalu tekan Classwork dan pilih Google Calendar.

Pada pilihan itu, Anda akan menemukan kalender yang berbeda untuk kelas-kelas yang dibuat dalam Google Classroom.

Baca Juga: 4 situs freelancer yang bisa jadi sumber penghasilan

Editor: Belladina Biananda

Terbaru