MENCARI KERJA - Interpersonal skill sudah menjadi syarat wajib jika Anda ingin melamar pekerjaan. Keterampilan ini banyak dicari oleh instansi, baik swasta maupun di pemerintahan.
Interpersonal skill atau keterampilan interpersonal, bersumber dari The Balance Careers, adalah keterampilan kerja.
Kemampuan ini fokus pada kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Kemampuan berinteraksi, soft skill, dan kecerdasan emosional adalah kunci dari interpersonal skill yang baik.
Menutip dari Indeed.com, keterampilan interpesonal yang baik bisa membantu karier Anda. Degan keterampilan ini, Anda bisa sukses dalam wawancara kerja hingga saat Anda bekerja di kantor.
Empati, pemecahan masalah, dan manajemen konflik adalah contoh dari interpersonal skill.
Keterampilan interpersonal bisa Anda latih agar terus meningkat. Salah satunya adalah dengan mengikuti kursus.
Baca Juga: Fresh graduate bisa daftar, lowongan kerja di Kominfo masih dibuka untuk 3 posisi
Namun demikian, Anda bisa mencoba 5 cara sederhana di bawah ini yang dihimpun KONTAN.co.id dari Kelly Services dan Indeed.com:
-
Kontrol emosi
Ciri interpersonal skill yang baik adalah mampu tetap berpikir dan bersikap positif. Karenanya, penting untuk Anda berlatih mengendalikan emosi.
Tenangkan diri Anda meskipun sedang menghadapi situasi yang sulit. Ambil napas dalam dan keluarkan perlahan.
Baca Juga: Mengenal interpersonal skill dan kemampuan yang perlu dimiliki pekerja
-
Menghargai perbedaan
Ada beragam jenis pekerja di dalam dunia kerja. Karenanya Anda perlu menjunjung toleransi antarrekan kerja.
Menghargai rekan kerja Anda bisa membangun kepercayaan mereka pada Anda.
-
Observasi cara Anda berkomunikasi
Sempatkan beberapa waktu untuk mengevaluasi cara Anda berkomunikasi. Apakah cara Anda menyampaikan pendapat sudah baik atau belum.
Tidak hanya cara berbicara, tetapi juga gerak tubuh saat berkomunikasi juga perlu di observasi.
Baca Juga: Anak bosan pembelajaran daring? Yuk, ajak buah hati bermain Edugame dari Kemendikbud
-
Belajar dari kritik
Jangan segan untuk meminta kritik dan pendapat orang lain. Carilah rekan kerja yang terpercaya dan minta pendapat mereka.
Pendapat orang lain terhadap keterampilan interpersonal Anda bisa menjadi bahan evaluasi yang baik.
-
Berlatih menjadi pendengar yang aktif
Salah satu elemen penting interpersonal skill adalah menjadi pendengar aktif. Menjadi pendengar yang aktif memerlukan latihan.
Soalnya, tidak semua orang mampu menjadi pendengar yang baik. Dengan menjadi pendengar yang aktif, Anda bisa mendapatkan informasi secara utuh.
Dari informasi tersebut Anda bisa mengambil kesimpulan dengan lebih rasional dan tepat.
Selanjutnya: Kuota terbatas! Prakerja gelombang 11 sudah dibuka, yuk segera daftar
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News