5 Jenis Pengharum untuk Tubuh Anda, Sudah Kenal?

Minggu, 02 Januari 2022 | 11:40 WIB   Reporter: Rizka Noveliana
5 Jenis Pengharum untuk Tubuh Anda, Sudah Kenal?

KONTAN.CO.ID - Anda harus tahu bahwa pewangi memiliki beragam jenisnya. Sebelum menentukan parfum atau pewangi tubuh yang dibeli, ada baiknya Anda mengenal jenis-jenis parfum yang sesuai dengan kebutuhan.

Ada beberapa jenis parfum yang memiliki ketahanan aroma yang lama dan sebentar. Kemudian, ada parfum yang bisa mengubah aromanya setelah beberapa menit pemakaian. Oleh karena itu, kenali jenis-jenis parfum untuk tubuh di bawah ini dilansir dari axe.com, yaitu:

1. Parfum (Perfume)

Jenis parfum pertama adalah Parfum. Parfum memiliki kadar essential oils yang paling tinggi dari jenis parfum lainnya, yaitu sekitar 20%-30%. Biasanya, parfum lebih oily dan memiliki aroma yang heavy pada kulit.

Bahan dan komposisinya perlu dijaga dengan baik karena sangat sensitif terhadap suhu ruangan dan cuaca. Daya tahan parfum bisa bertahan di kulit hingga 24 jam. Parfum biasanya memiliki beberapa notes, baunya bisa bertransformasi dalam beberapa fase setelah disemprotkan pada kulit.

2. Eau de Parfum (EDP)

Jenis parfum selanjutnya adalah Eau de Parfum (EDP). Jenis parfum ini adalah jenis parfum yang satu level di bawah parfum, dengan kandungan ekstrak parfum sekitar 10-20%. EDP biasanya bertahan hingga 8 jam setelah disemprotkan. Walaupun memang daya tahannya di bawah parfum. Akan tetapi kandungan alkoholnya yang cukup banyak membuat parfum ini mudah diserap kulit.

Baca Juga: Perlu Cermat Berinvestasi Crowdfunding Properti, Cuannya Jangka Panjang

3. Eau de Toilette (EDT)

 Eau de Toilette (EDT) adalah pewangi tubuh dengan kadar minyak sebesar 5-15% dari keseluruhan komposisi. Biasanya formulanya ringan dan packaging-nya adalah botol spray berbahan plastik atau botol mika. EDT adalah salah satu pewangi tubuh yang populer. Daya tahannya hanya sekitar 2-4 jam. Wanginya mudah menguap, karena itulah lo perlu menyemprotkannya beberapa kali dalam sehari. Harga Eau de Toilette (EDT) ini cukup terjangkau. 

4. Eau de Cologne atau Cologne

Selanjutnya, jenis parfum Eau de Cologne atau Cologne cukup populer di kalangan pria. Kadar minyak di dalamnya cukup rendah, yaitu 2-4% saja. Botolnya besar dan kurang praktis untuk dibawa-bawa. Daya tahannya juga hanya 2-3 jam dan perlu digunakan beberapa kali. Cologne hanya bisa digunakan pada kulit dan bukan pada ketiak. Oleh karena itu, Anda akan merasa wanginya berubah ajaib begitu Anda mulai berkeringat.

5. Deodorant Body Spray

Jenis parfum lainnya adalah Deodorant Body Spray. Jika Anda memiliki masalah dengan bau badan, Anda bisa memilih parfum yang mengandung antiperspirant dan bisa menahan ketiak agar tidak basah berlebihan. Sehingga Anda membutuhkan deodorant body spray yang membuat badan wangite tapi punya zat aktif yang bisa menahan keringat, sehingga tidak akan menimbulkan bau badan.

Di dalam deodorant body spray, terdapat 1-3% kadar minyak esensial. Kemudian, antiperspirant di dalamnya adalah zat aktif yang bisa menghambat produksi keringat penyebab bakteri. Sehingga, keringat Anda jadi tidak bau. Kandungan ekstrak parfumnya bisa nempel di tubuh Anda dengan sempurna, bahkan bisa Anda pakai berulang-ulang.

Selanjutnya: SMF Gandeng Pinhome, Beri KPR Sistem Sewa Beli untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Editor: Rizka Noveliana
Terbaru