5 Manfaat yang didapat jika mempelajari bahasa asing

Selasa, 20 Oktober 2020 | 15:46 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Manfaat yang didapat jika mempelajari bahasa asing

ILUSTRASI. 5 Manfaat yang didapat jika mempelajari bahasa asing. REUTERS/Edgar Su

KONTAN.CO.ID -  Ada beragam manfaat yang bisa Anda dapat jika mempelajari bahasa asing. Karenanya tidak sedikit anak-anak sekarang didorong untuk belajar bahasa asing terutama bahasa Inggris. 

Mata pelajaran bahasa Inggris bahkan mulai diperkenalkan sejak taman kanak-kanak. Jika Anda mahir berbahasa asing, ada beragam kemudahan yang bisa didapat kelak. 

Mempelajari bahasa lain tidak berarti Anda tidak cinta bahasa Indonesia. Dengan mahir berbahasa asing, justru Anda bisa memperkenalkan budaya bangsa lebih mudah di kancah internasional.

Apa saja manfaatnya? Berikut lima manfaat yang bisa Anda dapat dari mempelajari bahasa asing. Daftar ini dirangkum KONTAN.co.id dari Telegraph dan We Economic Forum.

  • Lebih pintar

Berbicara menggunakan bahasa asing akan meningkatkan fungsi otak. Otak akan tertantang untuk mengenali, mencerna, dan mengkomunikasikan struktur bahasa lain. 

Kemampuan ini juga bisa menaikkan skill probelm solving. Siswa yang bisa berbahasa asing cenderung pintar dan memiliki nilai yang baik. 

  • Melatih multi tasking

Berdasarkan penelitian dari Pennsylvania State University, orang yang bisa multi bahasa, mahir berpindah dari sistem bahasa satu ke yang lainnya. 

Kemampuan ini membuat otak mereka terbiasa dengan multi tasking. Mereka cenderung mampu beradaptasi dengan dua sistem yang berbeda di satu waktu.

Mencegah penyakit yang menyerang otak; Belajar bahasa asing meningkatkan kinerja otak. Otak akan terjaga kesehatan serta kemampuannya. 

Hasilnya, orang multi bahasa jarang terserang penyakit Alzheimer dan demensia. 

  • Daya ingat meningkat

Sama seperti otot, otak juga membutuhkan olah raga. Olah raga yang paling baik untuk otak adalah belajar hal baru. 

Dengan belajar bahasa asing, daya ingat otak akan bertambah. Beberapa penelitian menyebutkan orang yang menguasai dua bahasa lebih bisa mengingat daftar belanja dan arah lebih baik. 

  • Mudah mendapat pekerjaan

Di era globalisasi seperti sekarang, perusahaan asing mulai yang menjamur di Indonesia. Agar bisa bersaing, pekerja dituntut untuk mampu berkomunikasi dengan pekerja dan investor asing. 

Dengan mencantumkan kemampuan bahasa asing di CV, Anda memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan. Selain itu kesempatan mendapat beasiswa juga terbuka lebar jika Anda mahir berbahasa asing. 

Selanjutnya: Mengenal tiga hukum Newton dan penjelasannya masing-masing

 

 

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru