5 Nama Rasi Bintang yang Mudah Dikenali Saat Muncul, Lengkap dengan Artinya

Kamis, 02 Juni 2022 | 11:27 WIB   Penulis: Arif Budianto
5 Nama Rasi Bintang yang Mudah Dikenali Saat Muncul, Lengkap dengan Artinya

ILUSTRASI. 5 Nama Rasi Bintang yang Mudah Dikenali Saat Muncul, Lengkap dengan Artinya


SPACE - Inilah 5 nama rasi bintang yang mudah dikenali saat muncul di langit malam. Sudah tahu belum? Berikut nama-nama rasi bintang yang dimaksud lengkap dengan artinya masing-masing.

Berbicara tentang bintang, benda langit yang satu ini terbilang untik. Bagaimana tidak? Bintang merupakan benda langit yang dapat mengeluarkan atau memancarkan cahanya sendiri.

Mungkin beberapa orang belum tahu, Matahari juga merupakan bintang. Benda langit yang sekaligus pusat Tata Surya ini adalah bintang yang memancarkan cahaya yang juga bermanfaat untuk makhluk hidup di Bumi, termasuk kita.

Bintang-bintang yang terkadang kita lihat di atas langit begitu banyak. Oleh karena itu, para ilmuwan mengugnakna istilah rasi bintang untuk mengenali mereka dengan mudah.

Gagasan rasi bintang kabarnya sudah dikenal sejak zaman Babilonia. Para pengamat langit kuno membayangkan pola tertentu terbentuk oleh susunan bintang yang menonjol, dan menghubungkan dengan cara tertentu dari alam atau mitologi mereka.

Beberapa diantaranya yang mungkin Anda tahu adalah nama rasi bintang yang juga digunakan sebagai penamaan zodiak. Seperti Taurus, Leo, Libra, Aquarius dan masih banyak lagi. 

Sebagian besar nama rasi bintang yang populer berasal dari Yunani kuno yang memiliki arti-arti tertentu sekaligus menggambarkan seperti apa rasi bintang itu sendiri.

Melansir Eurekacamping (02/06) ada pun beberapa nama rasi bintang yang mudah dikenali saat muncul di atas langit malam. Bahkan orang-orang yang mungkin sebelumnya tidak memperhatikan apa itu rasi bintang dan seperti apa penampakannya dapat menemukan di atas langit.

Kendati demikian, tidak semudah itu untuk menemukan rasi bintang. Anda harus mengetahui seperti apa bentuknya hingga lokasi dan arah yang tepat untuk menemukan rasi bintang tersebut dengan mudah.

Tak perlu berlama-lama lagi, berikut 5 nama rasi bintang yang mudah dikenali saat muncul di atas langit.

1. Ursa Major (Beruang Besar)

Ursa Major

Adalah rasi bitnang yang punya arti nama "beruang besar". 

Ursa Major terlihat sebagai tujuh bintang terang di belahan langit utara yang bermanfaat bagi kapal dan perahu sebagai patokan saat berlayar pada malam hari.

Menariknya, rasi bintang Ursa Major ini juga merupakan kumpulan bintang populer di Nusantara karena kemunculannya menjadi penanda dimulainya waktu tanam padi.

Gugus bintang "Bitnang Tujuh" dalam masyarakat jawa dikenal sebagai Lintang Kartika.

Baca Juga: 7 Contoh Benda Langit yang Dapat Dilihat Langsung Tanpa Menggunakan Teleskop

Editor: Arif Budianto

Terbaru