5 Nama Rasi Bintang yang Mudah Dikenali Saat Muncul, Lengkap dengan Artinya

Kamis, 02 Juni 2022 | 11:27 WIB   Penulis: Arif Budianto
5 Nama Rasi Bintang yang Mudah Dikenali Saat Muncul, Lengkap dengan Artinya

ILUSTRASI. 5 Nama Rasi Bintang yang Mudah Dikenali Saat Muncul, Lengkap dengan Artinya


KONTAN.CO.ID - Inilah 5 nama rasi bintang yang mudah dikenali saat muncul di langit malam. Sudah tahu belum? Berikut nama-nama rasi bintang yang dimaksud lengkap dengan artinya masing-masing.

Berbicara tentang bintang, benda langit yang satu ini terbilang untik. Bagaimana tidak? Bintang merupakan benda langit yang dapat mengeluarkan atau memancarkan cahanya sendiri.

Daftar Isi

Mungkin beberapa orang belum tahu, Matahari juga merupakan bintang. Benda langit yang sekaligus pusat Tata Surya ini adalah bintang yang memancarkan cahaya yang juga bermanfaat untuk makhluk hidup di Bumi, termasuk kita.

Bintang-bintang yang terkadang kita lihat di atas langit begitu banyak. Oleh karena itu, para ilmuwan mengugnakna istilah rasi bintang untuk mengenali mereka dengan mudah.

Gagasan rasi bintang kabarnya sudah dikenal sejak zaman Babilonia. Para pengamat langit kuno membayangkan pola tertentu terbentuk oleh susunan bintang yang menonjol, dan menghubungkan dengan cara tertentu dari alam atau mitologi mereka.

Beberapa diantaranya yang mungkin Anda tahu adalah nama rasi bintang yang juga digunakan sebagai penamaan zodiak. Seperti Taurus, Leo, Libra, Aquarius dan masih banyak lagi. 

Sebagian besar nama rasi bintang yang populer berasal dari Yunani kuno yang memiliki arti-arti tertentu sekaligus menggambarkan seperti apa rasi bintang itu sendiri.

Melansir Eurekacamping (02/06) ada pun beberapa nama rasi bintang yang mudah dikenali saat muncul di atas langit malam. Bahkan orang-orang yang mungkin sebelumnya tidak memperhatikan apa itu rasi bintang dan seperti apa penampakannya dapat menemukan di atas langit.

Kendati demikian, tidak semudah itu untuk menemukan rasi bintang. Anda harus mengetahui seperti apa bentuknya hingga lokasi dan arah yang tepat untuk menemukan rasi bintang tersebut dengan mudah.

Tak perlu berlama-lama lagi, berikut 5 nama rasi bintang yang mudah dikenali saat muncul di atas langit.

1. Ursa Major (Beruang Besar)

Ursa Major

Adalah rasi bitnang yang punya arti nama "beruang besar". 

Ursa Major terlihat sebagai tujuh bintang terang di belahan langit utara yang bermanfaat bagi kapal dan perahu sebagai patokan saat berlayar pada malam hari.

Menariknya, rasi bintang Ursa Major ini juga merupakan kumpulan bintang populer di Nusantara karena kemunculannya menjadi penanda dimulainya waktu tanam padi.

Gugus bintang "Bitnang Tujuh" dalam masyarakat jawa dikenal sebagai Lintang Kartika.

Baca Juga: 7 Contoh Benda Langit yang Dapat Dilihat Langsung Tanpa Menggunakan Teleskop

2. Ursa Minor (Beruang Kecil)

Rasi Bintang Ursa Minor

Jika rasi bintang sebelumnya berarti beruang besar, Ursa Minor memiliki arti sebaliknya.

Berasal dari bahasa Latin, Ursa Minor berarti "beruang kecil". Gambaran rasi bintang Ursa Minor terlihat memiliki 'ekor' bernama Polaris sebagai bintang kutub utara.

Dalam dunia maritim, nelayan memanfaatkan rasi bintang Ursa Minor ini sebagai petunjuk untuk memperkirakan titik utara langit. Dengan menarik garis lurus dari dua bintang (alfa dan beta) ke arah horison.

Baca Juga: Ilmuwan Ungkap Alasan Warna Biru Pada Planet Neptunus dan Uranus Berbeda

3. Orion (Pemburu)

Orion adalah rasi binntang yang sering disebut sebagai sang Pemburu. Menariknya lagi, rasi bintang ini merupakan yang paling terkenal dan mudah dikenali di angkasa.

Masayarakat Jawa mengenal bagian deretan bintang sabuk dan deretan tiga bintang pedang sebagai deretan bintang Belantik atau Beluku.

Deretan bintang ini juga dikenal dalam penanggalan masyarakat Badui dan Sunda sebagai Kidang.

Bintang-bintang terangnya terletak pada ekutaor langit dan terlihat dari seluruh dunia, sehingga membuat rasi bintang ini dikenal secara luas.

Gambaran rasi bintang Orion ini memang terlihat seperti orang yang sedang memegang busur panah. Tidak heran rasi bintang ini disebut sebagai sang Pemburu.

4. Taurus (Banteng)

Taurus adalah rasi bintang yang juga digunakan sebagai nama Zodiak. Taurus sendiri digambarkan dengan simbol yang terlihat seperti kerbau atau banteng.

Menariknya, untuk menemukan rasi bintang ini cukup mudah. Apabila Anda menemukan Orion sang Pemburu, maka tidak jauh dari situ terdapat Taurus.

Taurus terletak di atas Orion dan sering diidentifikasi pertama kali dengan menemukan bintang merah besar (Aldebaran) yang berada di dekat percabangan tanduk banteng.

Baca Juga: Macam-Macam 12 Nama Rasi Bintang yang Dikenal Sebagai Zodiak, Aries Hingga Pisces

Rasi Bintang yang menjadi nama Konstelasi

5. Gemini (Si Kembar)

Rasi bintang yang juga mudah dikenali selanjutnya adalah Gemini. Buat Anda yang tidak asing dengan Zodiak, nama Gemini ini juga digunakan sebagai salah satu Zodiak.

Si kembar ini dapat Anda temukan di atas dan di samping lengan Orion yang terangkat. 

Simbol Gemini ini menyerupai dua sosok kembar dengan tangan terentang bersentuhan. Bagamaina? Tidak terlalu sulit, bukan menemukan Gemini di atas langit malam?

Demikian pembahasan tentang nama rasi bintang yang mudah dikenali saat terlihat di atas langit malam. Usahakan Anda menuju ke tempat yang jauh dari polusi cahaya, supaya minim cahaya-cahaya lampu yang menyamarkan kerlap-kerlip bintang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru