5 Permainan Sederhana yang Bisa Bantu Anak Memahami Konsep Dasar Ekonomi

Sabtu, 05 November 2022 | 13:45 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Permainan Sederhana yang Bisa Bantu Anak Memahami Konsep Dasar Ekonomi


KONTAN.CO.ID - Memperkenalkan konsep dasar ekonomi dengan sederhana penting diberikan saat anak masih kecil. Anda bisa menyiapkan permainan sederhana untuk memperkenalkan materi penting ini.

Pendidikan dini tentang ekonomi bisa membuat seseorang lebih terbiasa mengelola uang saat mereka dewasa. 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui akun Instagramnya memberikan tips mengajarkan konsep ekonomi pada anak. 

Ada lima permainan sederhana yang bisa melatih kemampuan buah hati tentang konsep ekonomi dasar. Berikut rangkuman permainan tentang konsep ekonomi untuk anak dari Instagram Kemdikbud.

Baca Juga: Lowongan Kerja Fresh Graduate di Sampoerna Agro 2022, Cek Posisi yang Ditawarkan

  • Menyusun rencana belanja

Banyak anak yang tidak paham menentukan skala prioritas kebutuhan mereka. Tidak sedikit dari mereka yang kesulitan untuk menentukan mana yang penting dan tidak saat sudah dewasa terutama saat membeli sesuatu. 

Saat masih kecil, Anda bisa mulai memberikan pembelajaran bagaimana menentukan kebutuhan mana yang penting dan tidak. 

Ajak buah hati menyusun daftar belanja bulanan. Arahkan mereka barang-barang mana yang penting untuk dibeli dan mana yang bisa ditunda. 

  • Memilah barang yang sudah tidak terpakai

Perilaku konsumtif bisa muncul karena seseorang merasa selalu membutuhkan barang yang baru. Padahal, mereka masih memiliki barang-barang lama yang berfungsi dengan baik. 

Agar buah hati bisa menghargai kegunaan barang dan tidak selalu membeli barang baru, Anda bisa mengajak mereka memilih. 

Arahkan anak untuk memilih barang mana yang bisa digunakan dan yang sudah rusak. Jika barang yang tidak digunakan masih bagus, Anda bisa mendonasikan barang tersebut pada orang yang membutuhkan. 

Cara ini juga bisa menumbuhkan sikap empati pada anak agar mereka lebih peka terhadap lingkungan sekitar.

  • Belajar nilai mata uang

Penting bagi orangtua untuk memperkenalkan uang dan kegunaannya. Langkah pertama adalah mengenalkan nilai mata uang. 

Coba ajak buah hati bermain dengan koin rupiah dengan nilai yang rendah seperti Rp 100. Kegiatan ini juga bisa membantu kemampuan matematika mereka terutama dalam menghitung uang. 

Untuk anak yang masih kecil lebih baik menggunakan uang yang bernilai kecil. Semakin besar buah hati Anda bisa meningkatkan jumlah nilai mata uang ke ribuan bahkan ratusan ribu rupiah. 

Baca Juga: 65 Kata-Kata Inspiratif dari Manga dan Anime One Piece

  • Tiket di tempat khusus

Terkadang kita perlu membayar untuk menggunakan suatu layanan seperti di toilet umum. Agar mereka memahami aturan tersebut, Anda bisa menggunakan sedikit aturan. 

Tentukan harga pada barang atau tempat di rumah dengan menggunakan tiket. Saat buah hati ingin memakai tempat tersebut maka mereka harus membeli tiket dan membayar. 

  • Memperkenalkan nilai uang

Cara memperkenalkan buah hati pada nilai uang cukup mudah. Anda bisa meminta mereka mengerjakan pekerjaan rumah sederhana. 

Setelah mereka selesai, berikan "upah" sebagai imbalan setelah menyelesaikan pekerjaan rumah. 

Dengan cara ini anak akan merasakan pengalaman mendapatkan uang dari usaha mereka sendiri. Mereka juga belajar menghargai uang karena tidak mudah untuk mendapatkannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru