6 Cara Mengatasi HP Panas Berlebihan dan Penyebab yang Perlu Diketahui Pengguna

Rabu, 16 Oktober 2024 | 11:59 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
6 Cara Mengatasi HP Panas Berlebihan dan Penyebab yang Perlu Diketahui Pengguna

ILUSTRASI. Ilustrasi Charging HP/Pexels/Steve Johnson  


TIPS & TRIK - JAKARTA. Pahami cara mengatasi hp yang cepat panas dan boros baterai. Salah satu tanda yang membuat hp mudah rusak yaitu hp yang cepat panas dan boros baterai.

Cara mengatasi hp yang cepat panas dan boros baterai cukup mudah. Anda perlu mengetahui penyebab hp yang cepat panas dan boros baterai. 

Saat hp panas, hal tersebut akan membuat hp menjadi lambat. Ada beberapa penyebab hp menjadi lebih cepat panas dan boros baterai. 

Baca Juga: 7 Cara Membersihkan Memori Penuh di HP Android, Cek Tips Selengkapnya

Penyebab HP Panas Berlebihan

Teknologi HP

Pengguna perlu mengetahui beberapa pemicu suhu pada perangkat HP lebih mudah panas.

  • Aplikasi Berat Berjalan Lama: Penggunaan aplikasi berat seperti game, editing video, atau streaming dalam waktu lama bisa memaksa prosesor bekerja keras, sehingga menyebabkan HP panas.
  • Baterai Bermasalah: Baterai yang rusak atau aus bisa menghasilkan panas berlebih.
  • Pengisian Daya Berlebihan: Mengisi daya terus-menerus hingga 100% atau menggunakan HP saat sedang diisi daya dapat menyebabkan panas berlebih.
  • Kondisi Lingkungan: Suhu lingkungan yang tinggi atau terkena sinar matahari langsung dapat meningkatkan suhu HP.
  • Aplikasi di Latar Belakang: Banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang mengonsumsi sumber daya berlebih, yang dapat memicu panas.
  • Koneksi Internet dan GPS: Penggunaan data seluler terus-menerus, terutama jika sinyal lemah, atau pemakaian GPS tanpa henti dapat membuat HP cepat panas.

Pengguna yang menggunakan HP sepanjang hari tanpa jeda juga dapat menyebabkan baterai bekerja terus menerus dan alami perubahan suhu menjadi terlalu panas.

Baca Juga: Ini 10 Waktu Terbaik untuk Mengganti HP, Jangan Sampai Terlambat

Tips mencegah hp yang cepat panas

Ada beberapa tips yang membantu Anda menghindari kondisi HP yang cepat panas.

1. Hindari paparan sinar matahari langsung

Cara paling sederhana untuk mencegah HP dari panas berlebih adalah menjauhkannya dari sinar matahari. HP dapat menyerap panas dari cahaya matahari dan semakin lama terpapar, semakin panas perangkat tersebut.

2. Kurangi kecerahan layar

Layar yang terlalu terang memaksa baterai bekerja lebih keras, yang bisa menyebabkan HP memanas. Turunkan kecerahan layar dan pertimbangkan untuk memperpendek waktu layar mati otomatis agar layar tidak menyala terlalu lama.

3. Gunakan charger yang tepat

Pastikan menggunakan charger yang direkomendasikan atau sesuai dengan perangkat Anda. Pengisi daya yang tidak kompatibel atau rusak, termasuk port pengisian daya yang bermasalah, dapat menyebabkan HP menjadi panas.

4. Tutup aplikasi yang tidak digunakan

Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang membuat HP bekerja ekstra, yang dapat memicu panas berlebih.

5. Perbarui aplikasi secara berkala

Pembaruan aplikasi sering kali memperbaiki bug yang dapat meningkatkan efisiensi, sehingga HP akan menggunakan lebih sedikit daya dan panas yang dihasilkan berkurang.

Cara atasi HP yang cepat panas

Nah, saat Anda mendinginkan HP, Anda dapat mengikuti panduan di bawah ini.

1. Gunakan kipas untuk mendinginkan HP

Meskipun mungkin terdengar aneh, mengipasi atau meniup HP bisa membantu menurunkan suhunya. Seperti tubuh yang menjadi lebih dingin dengan angin, angin ringan juga bisa membantu mendinginkan HP yang terlalu panas.

2. Hindari perubahan suhu ekstrem

Anda mungkin tergoda untuk menaruh HP panas di dalam lemari es atau freezer sebentar, tapi ini bukan ide yang baik. Suhu ekstrem dapat menyebabkan kerusakan pada komponen HP dan meningkatkan risiko kelembapan yang dapat merusak perangkat.

3. Lepaskan casing HP

HP dirancang untuk mengalirkan panas dengan baik, tetapi casing bisa menghalangi proses tersebut. Lepaskan casing untuk membantu HP mendingin lebih cepat.

4. Matikan Bluetooth

Jika Bluetooth aktif tanpa terhubung ke perangkat lain, HP akan terus mencari sambungan, yang bisa membuatnya lebih cepat panas.

5. Aktifkan mode pesawat

Saat sinyal HP lemah atau hilang, perangkat bekerja lebih keras untuk mencari jaringan, yang menyebabkan panas berlebih. Aktifkan mode pesawat sampai Anda berada di area dengan sinyal yang lebih baik.

6. Pisahkan perangkat dari gadget lain

Terakhir, saat Anda menyimpan HP dalam ruangan panas atau menumpuk HP dengan tablet atau laptop di dalam tas bisa meningkatkan risiko panas berlebih. Pisahkan perangkat agar suhu tetap terjaga dan tidak memanas terlalu cepat.

Itulah beberapa cara mengatasi hp yang cepat panas dan boros baterai. Anda bisa mendinginkannya dengan cara di atas. 

Selanjutnya: Prakiraan Cuaca BMKG Jawa Tengah Hari Ini dan Besok Lengkap (16 Oktober 2024)

Menarik Dibaca: Promo Shocktober Trans Snow World Bintaro Hanya Rp 70.000 per Orang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru