Angkasa Pura I inisiasi pengembangan pariwisata terintegrasi

Rabu, 28 Februari 2018 | 11:01 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Angkasa Pura I inisiasi pengembangan pariwisata terintegrasi


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Adi Soemarmo Solo mendorong para pemangku kepentingan sektor pariwisata Solo Raya, khususnya pemerintah daerah, untuk melakukan pengembangan pariwisata secara berkelanjutan dan terintegrasi. Upaya ini ditunjukkan dengan menginisiasi program Collaborative Destination Development (CDD) Solo Raya 2018.

Inisiasi CDD Solo tahun 2018 dengan tema “Elevating Solo Raya as Tourism Destination” ini merupakan tindak lanjut dari CDD Solo yang pernah dilakukan pada 2017 dan 2015. Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I (Persero) Devy W. Suradji menuturkan CDD bertujuan untuk mendukung pengembangan potensi pariwisata daerah di kawasan tengah dan timur Indonesia, sehingga sektor pariwisata dapat dijadikan sebagai motor pembangunan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pada 2025 ditargetkan 3,5 juta wisatawan datang ke Solo Raya, yang terdiri dari 3 juta wisatawan nusantara (wisnus) dan 500 ribu wisatawan mancanegara (wisman). Untuk mendukung pencapaian target tersebut, Angkasa Pura I menggelar rangkaian kegiatan CDD Solo Raya dengan beberapa fase,” kata Devy dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Rabu (28/2).

Pada CDD fase ketiga tahun 2018, program ini akan fokus pada pengembangan infrastruktur termasuk infrastruktur bandara, pengembangan SDM, pengembangan destinasi, dan aktivitas pemasaran wilayah

Terkait fokus untuk mengembangkan infrastruktur penunjang pariwisata pada 2018 ini, Angkasa Pura I tengah mempercantik terminal penumpang yang ditargetkan selesai pada akhir Februari 2018 ini, pembangunan stasiun Kereta Api Bandara yang ditargetkan selesai pada Juli 2018, perluasan apron 148,5 meter persegi yang ditargetkan selesai pada November 2018, dan perluasan terminal penumpang seluas 13.000 meter persegi yang ditargetkan selesai pada awal 2019.

Sebagai informasi, trafik penumpang di Bandara Adi Soemarmo Solo pada 2017 mencapai 2,7 juta penumpang, naik 27% dibanding trafik penumpang pada 2016 yang sebesar 2,1 juta orang. Tingkat pertumbuhan ini merupakan pertumbuhan tertinggi dibanding bandara-bandara lainnya yang dikelola oleh Angkasa Pura I.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sofyan Hidayat

Terbaru