Apa Arti Anak Sulung? Ini 6 Sifat Anak Sulung yang Menonjol

Senin, 22 Mei 2023 | 10:21 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Apa Arti Anak Sulung? Ini 6 Sifat Anak Sulung yang Menonjol

ILUSTRASI. Sifat anak sulung.


PSIKOLOGI - Anak sulung adalah istilah yang berangkali sudah tak asing lagi dalam penamaan anggota keluarga. Arti anak sulung seringkali disamakan dengan anak pertama. Lalu apa sebenarnya arti anak sulung?

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), anak sulung adalah anak yang pertama. Masih merujuk pada KBBI, anak sulung artinya anak yang tertua atau anak embung.

Baca Juga: Apa Itu Anak Sulung? Inilah Kepribadian Anak Sulung

Beberapa penelitian menunjukan, perbedaan karakter pada setiap anak bisa dipengaruhi dari urutan kelahiran. Sehingga orang tua harus memahami pola pengasuhan pada setiap anak-anaknya. 

Lantas, seperti apa kepribadian dan sifat anak sulung? 

Baca Juga: Apa Itu Karies Gigi? Ini Penyebab Gigi Karies dan Cara Mengatasinya

Kepribadian anak sulung

Dikutip dari laman Parents, dr Kevin Leman, seorang psikolog yang telah lama mempelajari urutan kelahiran sejak tahun 1967 dan menulis buku berjudul "The Birth Order Book: Why You Are the Way You Are (Revell)".

Dalam penelitiannya disebutkan bahwa perbedaan kepribadian saudara kandung terletak pada urutan kelahiran. 

Misalnya, kepribadian dan sifat anak sulung, tengah, bungsu dapat berbeda-beda. Faktor inilah yang membuat bagaimana orang tua memperlakukan anak mereka.

Baca Juga: Mau Tambah Momongan? Begini Cara Menyiapkan Anak Sulung Agar Siap Punya Adik

Anak sulung terbiasa menjadi pusat perhatian. Mereka mendapatkan perhatian yang penuh dari ibu dan ayah untuk diri mereka sendiri sebelum memiliki adik. 

Selain itu, biasanya anak sulung mendapat nilai lebih tinggi pada tes IQ dan umumnya mendapatkan pendidikan lebih tinggi daripada saudara laki-laki dan perempuan mereka. Anak sulung cenderung berpenghasilan lebih tinggi dari saudara kandung mereka.

"Perhatian yang tidak terbagi itu mungkin banyak berhubungan dengan mengapa anak sulung cenderung berprestasi," kata Frank Farley, Ph.D., seorang psikolog di Temple University, di Philadelphia, yang telah mempelajari kepribadian dan manusia.

Baca Juga: Patut Bangga, Ini Fakta-Fakta Menarik Anak Sulung yang Mungkin Anda Rasakan

Sifat anak sulung

 

Namun, dikutip dari laman Bustle berikut adalah beberapa sifat anak sulung:

1. Berjiwa pemimpin 

Sifat anak sulung salah satunya adalah berjiwa pemimpin. Karena terlahir pertama, anak akan secara natural membimbing adik-adiknya.  

Baca Juga: Cek Toko Sebelah 2 Segera Tayang di Netflix, Simak Dulu Sinopsis Singkat Film Ini

Psikolog, Dr. Seda Gragossian, seperti yang dikutip dari Bustle, menjelaskan jika anak sulung identik dengan sikap-sikap kepemimpinan.  

Anak pertama laki-laki atau perempuan biasanya memiliki kepribadian yang kuat. Mereka biasa mengerjakan berbagai tugas di rumah.  

Tidak sedikit pemimpin yang merupakan anak sulung. Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton dan George Walker Bush merupakan anak sulung.  

Baca Juga: Simak 6 Fakta Menarik Raden Ayu Lasminingrat, Ikon Google Doodle Hari Ini

2. Perhatian pada orang lain 

Sifat anak sulung salah satunya adalah perhatian pada orang lain. Baik anak pertama perempuan atau laki-laki biasanya memiliki sifat penyayang yang lebih menonjol. 

Terbiasa merawat adik-adiknya membuat sifat penyayang dan perhatian anak sulung terasah.  Mereka cenderung mencari teman yang lebih muda dan membimbing mereka. 

Selain membimbing, anak sulung akan merawat teman-temannya seperti merawat adiknya sendiri.

Baca Juga: Cara Menghitung Umur Kucing Peliharaan yang Baru Diadopsi, Lihat 4 Hal Berikut

3. Mandiri 

Sifat anak sulung juga lebih mandiri. Sebab, mereka terbiasa melakukan hampir semuanya sendiri.

Tidak heran, anak sulung tidak kesulitan saat sudah dewasa dan mandiri. Mereka mampu menjelajahi dunia dan bertahan dengan bantuan yang minim. 

Baca Juga: Nilai Asam Urat Normal Pria & Lauk Pauk Penderita Asam Urat

4. Penurut 

Sifat anak sulung salah satunya adalah penurut. Sifat ini juga menjadi salah satu faktor anak pertama lebih sukses adalah karena mereka patuh dengan aturan.  

Sifat anak sulung cenderung menurut pada perintah orangtua atau orang lain yang dituakan. Mereka bisa menyesuaikan diri dengan baik di lingkungan baru.

Karenanya, anak pertama cenderung penurut dan diterima di masyarakat. Anak sulung juga lebih "kalem" dibandingkan anak kedua atau ketiga saat masa remaja.  

Baca Juga: Sungai Aare, Lokasi Anak Ridwan Kamil Hilang Sering untuk Renang dan Arum Jeram

5. Mudah mempelajari bahasa baru 

Mudah mempelajari bahasa baru juga menjadi salah satu sifat anak sulung. Jika Anda mudah mempelajari bahasa asing, bisa saja karena faktor urutan lahir Anda. 

Sebuah penelitian yang dipublikasi di jurnal Frontiers in Psychology, anak pertama di keluarga multi-bahasa menunjukkan kemampuan yang baik di bahasa kedua dibandingkan adik-adiknya.  

Baca Juga: Sejarah Hotel Royal Ambarrukmo, Hotel yang Berjaya di Era Kepemimpinan Soekarno

6. Pekerja keras 

Sifat anak sulung adalah pekerja keras. Hal ini disebabkan karena perhatian orangtua terpecah ke adik-adiknya.  

Untuk mendapatkan perhatian orang tua, anak pertama akan bekerja lebih keras. Hal tersebut dilakukan agar orangtua mereka terkesn. 

Demikian sejumlah sifat anak sulung dan apa arti anak sulung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru