Atlet China ini sabet medali emas pertama Olimpiade Tokyo 2020

Sabtu, 24 Juli 2021 | 11:39 WIB Sumber: Channel News Asia
Atlet China ini sabet medali emas pertama Olimpiade Tokyo 2020

ILUSTRASI. Penari tampil dalam pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Nasional, Tokyo, Jepang, Jumat (23/7/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Atlet China Yang Qian memenangkan medali emas pertama Olimpiade Tokyo 2020 dari cabang olahraga menembak nomor lomba air rifle 10 meter putri pada Sabtu (24 Juli).

Perak menjadi milik penembak Rusia Anastasiia Galashina dan medali perunggu jadi milik Nina Christen dari Swiss.

Melansir Channel News Asia, sejatinya, Galashina sempat memimpin perebutan medali emas di final, tapi mengakhiri pertandingan dengan skor terendahnya 8,9 dengan total 251,1.

Yang berhasil meraih skor 9,8 untuk merebut emas dengan total 251,8.

Baca Juga: TV Korea Selatan minta maaf atas siaran pembukaan Olimpiade Tokyo, ada apa?

Lomba menembak nomor lomba air rifle 10 meter putri berlangsung pagi hari, setelah pembukaan Olimpiade pada Jumat (23 Juli) malam di stadion yang hampir kosong, menyusul penundaan yang belum pernah terjadi sebelumnya akibat pandemi.

Upacara penyerahan medali emas pertama Olimpiade kepada Yang diberikan langsung oleh Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach.

Tapi, Yang mengalungkan sendiri medali di lehernya setelah mengambil emas di nampan yang dibawa oleh Bach, sesuai dengan protokol COVID-19 yang berlaku di Olimpiade Tokyp.

Dengan penonton dilarang hadir, hanya segelintir official China yang mendukung dan memberi selamat kepada Yang setelah kemenangan tersebut.

Selanjutnya: Ada laga Marcus/Kevin, ini jadwal siaran langsung bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru