Bantu wisatawan eksplor wisata Palembang, tourist information center diresmikan

Kamis, 09 Agustus 2018 | 09:41 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Bantu wisatawan eksplor wisata Palembang, tourist information center diresmikan

ILUSTRASI. Menteri Pariwisata Arief Yahya


ASIAN GAMES - JAKARTA. Tourist Information Center (TIC) di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang diresmikan. Peresmian ITC menjelang perhelatan Asian Games 2018 itu diharapkan akan membantu wisatawan, atlet, dan official dalam mengeksplorasi pariwisata di Sumatera Selatan dan kota Palembang khususnya.

"Kehadiran TIC di Palembang merupakan yang kedua setelah Jakarta. Kita menargetkan 21 TIC di seluruh bandara di Tanah Air pada 2019. TIC ini sudah fix untuk selama-lamanya dan tidak hanya untuk Asian Games 2018 saja,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, dalam keterangan persnya, Kamis (9/8).

Arief menjelaskan, bandara memiliki lokasi strategis dan menjadi pintu gerbang utama wisman datang sehingga keberadaan TIC akan menjadi sumber informasi sebelum mereka traveling.

Menurut Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), selama Asian Games 2018, jumlah wisatawan (wisman) yang datang ke Palembang akan mencapai 50.000 wisman. Bila dihitung akan ada direct impact untuk menyumbang pada perekonomian Palembang sebesar US$ 65 Juta atau Rp 1 triliun. 

Untuk itu, TIC ini sangat penting, sebagai pusat segala informasi bagi wisatawan yang datang nanti, baik mancanegara maupun lokal yang berkunjung selama perhelatan Asian games.

Syamsudin Hadi Sutarto selaku pengelola TIC Palembang menjelaskan, bahwa informasi yang akan disajikan tidak hanya tentang wisata Palembang, tapi juga Indonesia. “Di TIC terdapat seluruh informasi mengenai destinasi. Baik mengenai konten lokal sebanyak 60% dan 40% konten wisata Indonesia," ujarnya.

TIC di Bandara Palembang memiliki luas 72 meter persegi (m²) dilengkapi berbagai konten penunjang untuk memudahkan wisatawan dalam mencari informasi mengenai wisata yang ada di Sumsel dan Kota Palembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru